Kuliah Umum Polda Kalsel dan Unism, Cara Cegah Prilaku Intoleran Di Generasi Muda

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Direktorat Intelkam Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali melakukan penguatan wawasan kebangsaan terhadap generasi muda di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Hal itu dilakukan dalam rangka pencegahan sikap Intoleran generasi muda di Bumi Kayuh Baimbai. 

Kegiatan yang dikemas dalam kuliah umum itu, setidaknya diikuti ratusan mahasiswa dan bekerjasama dengan Universitas Sari Mulia (UNISM) Banjarmasin, di Aula Kampus setempat, pada Kamis (25/05/23). 

Kasubdit Kamneg Ditintelkam Polda Kalsel, Kompol Paryoto menyampaikan, kegiatan ini sebagai salah satu upaya pihaknya, dalam mencegah sikap intoleran. Karena hal itu dinilai merupakan embrio dari paham radikal. 

"Kami sampaikan disini bagaimana cara pencegahanya, hingga dampaknya, karena generasi muda rentan terpapar, dan sangat bahaya jika paham itu sampai pada arah radikal hingga tirorisme," ungkapnya Kompol Paryoto, Kamis (25/05/23). 

Selain kalangan mahasiswa, pihaknya juga menyasar pelajar, dan masyarakat umum, hingga berbagai organisasi yang menggandeng tokoh masyarakat dan agama. 

"Karena Kalsel cukup rentan dalam penyebaran sikap dan paham itu. Apalagi berkaca beberapa tahun kebelakang warga Kalsel juga ada yang terlibat kasus bom di Poso," bebernya. 

Sementara itu, Rektor Universitas Sari Mulia Hj. RR. Dwi Sogi Sri Redjeki, menyambuat baik kerjasama tersebut 

Kegiatan itu, dinilai dapat menjadi bekal generasi penerus, agar tidak terpengaruh sikap intoleran, radikal dan tirorisme. 

"Karena mahasiswa merupakan genarasi yang intelektual dan aktif didunia informasi, diinginkan mereka memiliki dasar untuk dapat menyaring informasi yang didapat," harapnya. 

Senada disampaikan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr.Adriana Palimbo, dia menginginkan mahasiswa dapat menjadi perpanjangan tangan, untuk mencegah sikap intoleran tersebut, bagi keluarga dan lingkunganya. 

"Mereka harus fokos untuk menggapai cita-citanya, dan menjadi pelindung bagi lingkunganya agar terhindar dari paham menyimpang," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya