Masih Banyak Parpol Belum Serahkan Berkas Ke KPU Banjarmasin

Hallobanua.com, BANJARMASIN - Sampai hari ke 11 pendaftaran,  hanya 2 dari 18 Partai Politik (Parpol) yang menyerahkan berkas Bacaleg anggota DPRD Kota Banjarmasin Pemilihan Umum tahun 2024. Masing-masing PKS dan PDIP Banjarmasin. 

Diketahui, saat ini pun masih ada 8 parpol yang belum melakukan konfirmasi penyerahan berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) anggota DPRD Kota Banjarmasin, pada Pemilihan Umum tahun 2024 ini. 

"8 Parpol belum ada kabar sama sekali," ucap Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah, usai menerima penyerahan berkas PDI Perjuangan, Kamis (11/05/23) siang. 

Ke 8 parpol itu yakni Partai Hanura, PSI, Partai Perindo, Partai Garuda, Partai Buruh, PPP, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Gerindra. 

Sedangkan 10 Parpol lainnya telah melakukan konfirmasi kedatangan seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PDI Perjuangan, Nasdem, PKB, Gelora, Golkar, PAN, UMMAT, PBB, dan Demokrat. 

Rahmiyati bilang, penyerahan berkas Bacaleg anggota DPRD Kota Banjarmasin sendiri telah dibuka sejak 1 hingga 14 Mei 2023 di kantor KPU Kota Banjarmasin. 

Lantas, ia menekankan jika sampai waktu yang ditentukan kedelapan Parpol itu tak kunjung, pihaknya tidak bisa menyatakan apapun. 

"Mendaftar saja tidak. Karena parpol yang mendaftar akan kami verifikasi. Kita sudah beritahu narahubung batas pendaftaran. Tanggal 14 Mei 2023 pukul 23.59 Wita," jelasnya. 

Lebih jauh Rahmiyati menjelaskan bahwa setelah tahap penyerahan berkas berakhir, pihaknya akan melaksanakan verifikasi administrasi untuk Bacaleg anggota DPRD Banjarmasin. 

"Dari tanggal 15 Mei hingga 23 Juni 2023 kita akan melakukan verifikasi administrasi Bacaleg," tuntasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya