Menjadi Dekan Hukum Termuda di Kalsel, Afif Khalid Pegang Moto Beradab dan Berilmu

            Afif Khalid, Dekan Fakultas Hukum
                             UNISKA MAB

hallobanua.com, BANJARMASIN - Afif Khalid seorang pakar hukum Kalimantan Selatan yang juga merupakan Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (UNISKA) dikenal karena menjadi Dekan Fakultas Hukum saat berusia 35 tahun dan merupakan Dekan Hukum termuda di Bumi Lambung Mangkurat. 

Selama perjalanannya menjadi Dekan, ia telah mengenyam masa studi S1 nya di Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengambil dua program studi yaitu hukum Islam dan ilmu hukum, S2 di Universitas Lambung Mangkurat program studi Magister Hukum, dan S3 Ilmu Hukum di Universitas Islam Sultan Agung Semarang.  

Semasa mengambil program sarjana, Afif Khalid dikenal sebagai seorang aktivis kampus dan aktif diberbagai organisasi mahasiswa dan kepemudaan salah satunya Himpunan Mahasiswa Islam. 

Berbagai pencapaian didapatkan Afif Khalid yang merupakan buah dari kerja keras yang dilaluinya, sebuah proses panjang yang mengantarkan dirinya hingga saat ini. 

Dibawah kepemimpinan Afif Khalid, Fakultas Hukum Uniska memiliki motto “Beradab dan Berilmu” Afif Khalid menyatakan bahwa ini bukan hanya sebuah kata-kata untuk memotivasi mahasiswa, namun sebuah prinsip dasar yang harus dimiliki setiap mahasiswa khususnya mahasiswa hukum. 

"Mahasiswa terkhusus mahasiswa hukum harus memiliki prinsip dalam hidupnya yaitu menjaga adab dan mengamalkan ilmu, adab harus diutamakan daripada ilmu karena jika adab tidak ada, maka hilanglah integritas seseorang sehingga ilmu tidak akan dapat diamalkan," ucap Afif Khalid. Minggu (21/5/2023). 

Dengan pencapaian tersebut, ia sempat diragukan untuk dapat memimpin dan mengembangkan Fakultas Hukum Uniska. Namun, ternyata ia mampu membawa nama Fakultas Hukum Uniska dikenal luas saat ini. 

Kini berbagai kuliah umum berhasil diselenggarakan oleh fakultas hukum UNISKA dengan pemateri nasional seperti Ketua Umum Peradi Prof. Dr. Otto Hasibuan, SH, MM, Ketua Komisi Yudisial Prof. Dr. Mukti Fajar Nur Dewata, SH, M.Hum dan Komisioner Bawaslu RI Dr. Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH. 

"Kini Ilmu Hukum Uniska menjadi jurusan terfavorit dipenerimaan mahasiswa tahun 2021 dengan calon mahasiswa sebanyak 1.250 orang," ujar Dekan Fakultas Hukum UNISKA. 

"Ini merupakan sebuah prestasi membanggakan karena sebelumnya tak pernah lebih dari 1.000 orang calon mahasiswa," lanjutnya. 

Upaya-upaya yang dilakukan Afif Khalid tak lepas dari pemikiran progresif untuk mewujudkan Fakultas Hukum yang Islami dan Unggul dan sebagai lembaga pendidikan yang menekankan pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian hukum dan pengabdian pada masyarakat. 

"Sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, mempunyai komitmen pada nilai-nilai kebenaran, keadilan dan kesejahteraan," pungkasnya. 

Kris/ may
Ķota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya