Pelayanan KB Sasar Wisatawan Di Kubah Basirih

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pelayanan Keluarga Berencana melalui Program YAN Dewita kembali dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin. 

Diketahui, YAN Dewita adalah program inovasi DPPKBPM Banjarmasin, untuk memberikan pelayanan KB dan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP) baik itu implan maupun alat IUD (Intra Uterin Devices) di daerah destinasi wisata. 

Bertempat di kawasan wisata religi Kubah Habib Basirih, Jl. Keramat Basirih RT. 13, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Baratar pada Selasa (09/05/23), kegiatan tersebut diserbu puluhan akseptor atau peserta KB, pasangan usia subur (PUS). 

Kepala Bidang (Kabid) KB di Dinas DPPKBPM Banjarmasin, Hj Maslun, SE mengatakan, pelayanan KB ini menargetkan setidaknya 35 akseptor yang terdiri dari 30 akseptor Inplan dan 5 akseptor IUD. 

"Alhamdulillah masyarakat cukup ramai karena kita juga kerjasama dengan dinas terkait dan pengelola kawasan ini," ungkap Maslun. 

Maslun bilang, tujuan kegiatan tersebut ialah untuk mengurangi angka Unmet Need atau pasangan usia subur yang tidak ber-KB. 

"Makanya kita sosialisasilan untuk mereka agar menggunakan KB dengan banyak pilihan," tuturnya. 

Ditanya kenapa memilih di kawasan wisata religi Kubah Habib Basirih? Ia bilang sekaligus untuk menarik wisatawan yang ada disana untuk menggunakan KB. 

"Pelayanan KB di Puskesmas, di Rumah Sakit dan Balai KB biasa. Makanya kita adakan disini agar sambil berwisata sambil memberikan pelayanan KB," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya