Bahas Raperda Literasi, Dewan Ingin Setiap Kampung Ada Pojok Baca

hallobanua.com, BANJARMASIN - Untuk meningkatkan lagi minat membaca di kalangan masyarakat Indonesia. DPRD Kota Banjarmasin menggodok Raperda Peningkatan dan Pengembangan Budaya Literasi Banjarmasin. 

Raperda ini, menutur Ketua pansus, Faisal Heriyadi mengatakan untuk meningkatkan minat baca maka dalam raperda ini mengajak stek holder terkait dalam mendukung atau memfasilitasi sarana ataupun sarana literasi. 

Diantaranya keterlibatan itu tidak hanya pemerintah, namun juga ada peran bantu pengusaha melalui CSR serta masyarakat. 

"Diharapkan instansi-instansi di Pemkot Banjarmasin juga dapat menyediakan pojok baca dan pojok baca ini bisa disediakan di tempat ramai yang sering dikunjungi masyarakat atau kawasan publik," katanya. 

Selain itu dalam peningkatan minat baca, Faisal juga meminta peran serta pelaku usaha dan industri untuk mengarahkan dana CSR mereka agar Pemkot bisa mengcover kebutuhan pengembangan budaya literasi di Kota Banjarmasin. 

Tak ketinggalan juga peran dua SKPD yakni Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Banjarmasin. 

Kini pembahasan tinggal finalisasi untuk selanjutnya akan dirampungkan bagian hukum dan akan dibawa ke tingkat provinsi untuk dikonsultasikan. 

"Mudah-mudahan dalam dua tiga minggu kedepan sudah ada jawaban dari provinsi, sehingga dapat diparipurnakan," jelasnya. 

dya/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya