Pemko Banjarmasin Lakukan Perbaikan 38 Buah Rumah Tidak Layak Huni

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin melalui Dinas Sosial (Dinsos) Banjarmasin kembali melaksanakan program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-RUTILAHU). 

Pelaksanaan perdana perbaikan RS RUTILAHU tahun anggaran 2022 tersebut langsung dipantau oleh Wali Kota Banjarmasin, Selasa (27/6/2023).


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengungkapkan, jika penerima program RS-RUTILAHU untuk tahun 2023 berjumlah 38 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)
"Tersebar di lima kecamatan. Dikerjakan dengan swakelola dengan nominal Rp25 juta per unit. Syaratnya bukti kepemilikan," ucap Ibnu. 

Jika dilihat secara keseluruhan lanjut Ibnu, sebanyak 379 unit rumah telah diperbaiki melalui program RS-RUTILAHU saat dimulai 2019 lalu. 

"Sehingga bisa mengangkat kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan. Hanya saja usulan perbaikan disampaikan setahun sebelumnya, karena bentuknya adalah hibah," pungkasnya. 

Sementara, program RS RUTILAHU tahun 2023 ini dimulai dari kawasan Kuin Utara, Banjarmasin Utara. 

Penerima manfaat program itu adalah Hamidah, warga di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin Utara, RT 05, RW 01. 

Hamidah mengaku, jika rumahnya yang sudah lapuk dan reot itu, kurang lebih selama 5 tahun. Dan akhirnya diperbaiki oleh pemko Banjarmasin. 

Dari pantauan, memang beberapa bagian atap terlihat bolong, bahkan tanpa penahan hujan dan terik matahari. 

Alhasil saat hujan turun, air dapat dengan mudah masuk ke bagian dalam ruangan. Tidak hanya itu, bangunan utama rumah juga tampak miring hingga menempel ke bengunan sebelahnya. 

"Alhamdulillah sudah diperbaiki, apalagi sudah 4 tahun tinggal sendiri dirumah," ungkapnya, Selasa (27/6/2023).
Wanita 70 tahun itu mengaku terpaksa membiarkan kerusakan itu, karena tidak bisa memperbaiki akibat keterbatasan ekonomi. 

“Mulai suami meninggal dunia, tidak bisa apa apa lagi. Rumah ini rusak begitu saja. Cuman ada bantuan beras setiap bulan saja dari pemerintah," tuturnya. 

Terakhir, selama rumahnya diperbaiki, banyak tetangga yang bersedia menampung untuk tinggal sementara. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya