Tingkatkan SDM, Muaythai Kalsel Gelar Penataran Wasit dan Juri Tingkat Daerah

hallobanua.com, BANJARMASIN - Muaythai Indonesia (MI) Kalimantan Selatan menggelar penataran wasit dan juri tingkat daerah di Jalan Kayutangi Kelurahan Sungai Miai Kecamatan Banjarmasin Utara atau tepatnya di Sasana Canost Muaythai Banjarmasin. 

Kegiatan yang diadakan Pengprov Muaythai Kalsel tersebut diikuti sekitar 28 peserta dari berbagai kabupaten / Kota mulai dari 3-4 Juni 2023 dengan pemateri langsung dari Wakil Ketua Umum Bid Binpres, Opniel Untung. 

Kegiatan yang digelar MI Kalsel ini merupakan rangkaian dari agenda guna menghadapi Babak Kualifikasi Pon di Surabaya pada bulan Agustus nanti. 

"Kegiatan penataran ini, salah satunya untuk memberikan pembekalan kepada wasit dan juri di Kalsel dalam menghadapi PraPon nanti," terang Ketua Umum Muaythai Kalsel, H Aftahudin. Senin (5/6/2023). 

"Agar nanti mereka tidak kaget, karena aturan aturan sekarang sedikit berbeda. Jadi ada beberapa hal yang harus diketahui bagi wasit dan juri," lanjutnya. 

Selain menghadapi babak kualifikasi Pon, H Aftahudin mengungkapkan penataran ini juga untuk menambah SDM wasit juri agar nantinya dapat menambah dan menghadapi event pertandingan di Kalsel. 

"Dengan penataran ini tentunya kita nantinya bisa menambah event Kejuaraan di Kalsel, karena selama ini kita selalu kekurangan SDM wasjur," bebernya. 

Wakil Ketua Umum Bid Binpres PB MI, Opniel Untung mengatakan bahwa dalam kegiatan ini menyamakan aturan seluruh pengprov MI seluruh Indonesia. 

"Kita mendapatkan amanah dari Ketua Umum PB MI AA La Nyalaa Mahmud Mattalitti bahwa dari sabang sampai merauke semua regulasi harus sama sehingga saat pertandingan semua sama dan tidak ada perbedaan pendapat," tuturnya. 

Ia mengungkapkan bahwa MI Kalsel saat ini sangat berkembang dan maju dengan pelaksanaan penataran wasjur tersebut. 

"Dengan penataran ini, terlihat Kalsel sangat berbenah dan semakin maju. Kebetulan H Aftahudin mengirimkan surat permintaan yang langsung di respon oleh Ketua Umum. Sehingga kami langsung ke Kalsel guna memberikan pemahaman regulasi yang akan digunakan," ujar Opniel Untung. 

Dengan meningkatnya SDM wasit juri Muaythai di Kalsel, ia mengatakan nantinya bisa dapat memudahkan dalam menggelar uji coba. 

"Ketika sudah banyak SDM wasit juri maka akan banyak juga uji coba, selain itu juga dapat mengurangi budget tidak perlu lagi banyak memanggil wasjur dari luar, karena mereka sudah belajar dengan ilmu yang sama," pungkasnya. 

Kris/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya