Grand Launching Kampung Ketupat, Ibnu Sina : Sebagai Magnet Wisata Baru Kota Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina membuka kegiatan Art Exhibition "Ketupat Budaya Banjar" sekaligus melaunching secara resmi (Grand Opening) Wisata Kampung Ketupat, bertempat di Amfiteater Kampung Ketupat, Kelurahan Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Sabtu (15/07/2023), malam. 

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, Direktur Pt Juru.id Abid Muhammad, seluruh pimpinan SKPD, para seniman lokal di Kalimantan Selatan, juga disaksikan oleh masyarakat dari dalam maupun luar kota Banjarmasin. 

Disampaikan H Ibnu Sina, hadirnya Wisata Kampung Ketupat merupakan hasil kolaborasi Pemko Banjarmasin dengan investor dalam rangka pemanfaatan aset pemda agar dapat dikelola dengan lebih optimal dan maksimal dalam aspek penataan kawasan. 

Menurutnya, kawasan wisata kampung Ketupat bisa menjadi pilihan alternatif baru bagi wisatawan yang akan berkunjung, Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kota Banjarmasin. 

"Terimakasih banyak kepada warga sekitar khususnya warga Sungai Baru, termasuk RT dan RW disini yang mendukung kegiatan ini sehingga kawasan wisata kampung Ketupat bisa menjadi sebuah pilihan alternatif," kata H Ibnu Sina.

"Opsi bagi warga kota yang ingin sekedar bersantai, kumpul keluarga, termasuk wisata kuliner ataupun menggelar event," sambungnya. 

Lebih lanjut, Ia menekankan bahwasanya ini merupakan satu dari 20 program prioritas visi misi Banjarmasin Baiman yang dapat diselesaikan. Terlebih, ujarnya pihak investor berkomitmen kawasan wisata kampung Ketupat dapat dikelola secara bergandengan melibatkan masyarakat atau pelaku UMKM yang ada disana. 

"Inilah model kerjasama pemerintah kota dengan pihak swasta yang didukung oleh semua pihak. Terimakasih telah menjadikan kawasan ini menjadi daya tarik wisata yang tentunya akan meningkatkan pendapatan daerah dan pendapatan masyarakat sekitar juga," ujarnya. 

"Termasuk menjadikan kawasan ini (kampung Ketupat) agar semakin dikenal dan jadi pilihan bagi para wisatawan dan siapapun yang berkunjung ke kota Banjarmasin," tutup Ibnu Sina. 

Event yang berlangsung selama 2 pekan tersebut diwarnai dengan galeri lukisan, atraksi budaya, penampilan musik kolaborasi, workshop musik, teater tari tradisi, serta ragam penampilan seni lainnya. 

Dismominfotik bjm/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya