Peringatan Harganas Dan HAN 2023, Banyak Peroleh Penghargaan Positif Kota Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin menggelar Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2023 di Panggung Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (28/7/2023).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, beserta sang Wakil, Arifin Noor.

Tak hanya itu, jajaran Forkopimda dan SKPD Banjarmasin bersama ratusan anak didik di Kota Banjarmasin turut meriahkan kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Banjarmasin, Helfiannor berharap, sesuai tema kegiatan, yakni pencegahan stunting, pihaknya terus gencar menekan angka stunting.

Hal itu dilakukan dengan memulai program inovasi yakni Generasi Berencana Tim Pendamping Keluarga Pedulis Stunting atau disingkat Genre TPK Penting.

"Mereka adalah kader kita di lapangan yang selalu kita dorong untuk mengupdate upaya pencegahan dan penurunan stunting," ujar Helfi.

Sementara itu, Ibnu Sina, dalam momen Harganas itu bilang, dirinya bersyukur Kota Seribu Sungai banyak memperoleh penghargaan yang positif.

"Tentu ini bagian rasa syukur kita karena banyak sekali prestasi yang diraih Kota Banjarmasin. Seperti Kota Layak Anak (KLA) Kategori Nindya," ungkap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina usai kegiatan.

Kemudian lagi terkait program Kota Kita Ramah Keluarga (KKRK) di Banjarmasin ujar Ibnu juga menjadi percontohan bagi kota lain.

"Dari 9 kota, 2 kota jadi percontohan untuk pelaksanaan yakni Bogor dan Banjarmasin," ujarnya.

"Mudah-mudahan, praktek baik ini bisa jadi percontohan kota-kota lain," sambungnya.

Kemudian, Ibnu juga mengapresiasi program dari Dinas DPPKBPM, terkait Sekolah Ayah Calon Ayah (SACA) dan Sekolah Ibu Calon Ibu (SICI).

"Itu saya kira sangat penting untuk masa depan calon pengantin. Saatnya anak-anak yang sudah saatnya mempersiapkan diri untuk menikah," tuturnya.

Ia pun berharap, dari program ini mampu melahirkan keluarga-keluarga yang kondusif untuk tumbuh kembang anak-anak.

Dalam kesempatan itu, Pucuk Pimpinan Kota Seribu Sungai turut melaksanakan Pengukuhan Pengurus Duta Anak Banjarmasin hingga Pengukuhan Duta generasi berencana.

Penulis : rian akhmad
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya