Peringati 10 Muharram, Warga Sungai Andai Mengawah Bubur Bersama

hallobanua.com, BANJARMASIN - Peringati tanggal 10 Muharram 1445 H yang jatuh pada Jumat (28/7/2023) ini, warga Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara beramai-ramai mengolah makanan Bubur Asyura. 

Ira, salah satu warga Komplek Herlina Perkasa RT. 28 RW. 30, Kelurahan Sungai Andai menuturkan, membuat bubur asyura menjadi kegiatan tahunan menyambu 10 Muharram. 

"Sama ibu-ibu komplek, kita sudah tahunan melaksanakan ini," ungkapnya 

Perempuan 39 tahun itu mengaku senang dengan antusias tinggi para ibu-ibu. Nyatanya, sejak pagi pihaknya sudah menyiapkan bahan-bahan serta peralatan memasak untuk bergotong royong memasak. 

"Sebenarya kalau tradisi kita itu 41 macam sayuran dan kacang-kacangan, tapi tadi sedapatnya saja karena musiman," tuturnya. 

Sebanyak 24 liter beras dan bahan makanan lainnya, diolah warga RT 28. Nantinya, bubur asyura bakal dibagikan ke seluruh warga Sungai Andai. 

"Khususnya seluruh warga RT 28, tapi kalau lebih kita terus bagikan ke warga lain," pungkasnya. 

Dengan kegiatan mengawah bubur asyura ini ujarnya, merupakan sekaligus ajang silaturahmi antar warga di RT 28. 

Bubur Asyura merupakan salah satu kuliner khas saat Tahun Baru Islam. Lebih tepatnya, sajian ini disatukan dengan pelaksanaan puasa sunah di bulan pertama kalender Hijriah, yakni Muharram. 

Pada hari ke-10 bulan Muharram, umat Islam merayakan Hari Asyura yang ditandai dengan puasa sunah. Dan bubur Asyura adalah bubur yang dibuat dengan berbagai bahan dan ramuan khusus untuk berbuka puasa pada hari tersebut. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya