Semarak 10 Muharram, Ibnu Sina Ikut Mengawah Bubur Asyura

hallobanua.com, BANJARMASIN - Berbagai kegiatan dilakukan warga Kota Banjarmasin untuk semarakkan dan memeriahkan 10 Muharram 1445 H. 

Salah satunya yakni mengawah Bubur Aysura yang dilakukan warga Komplek Herlina Perkasa RT. 28 RW. 30, Kelurahan Sungai, Kecamatan Banjarmasin Utara. 

Saking serunya, hal itu menarik perhatian Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina dan berkesempatan memantau proses pengolahan bubur asyura tersebut. 

"Alhamdulillah sambil ketemuan ibu-ibu di Sungai Andai ini, khususnya di Blok C-D," ujar Ibnu Sina, Jumat (28/7/2023).

Sempat ikut mengawah (Mengaduk) bubur, Ibnu tertarik karena beberapa varian bubur asyura yang dibuat warga disana. 

"Ada bubur rasa karih dan juga rasa sop. Dan nanti dibagikan kepada warga sekitar untuk dinikmati pas buka puasa," tuturnya. 

Benar saja, bubur asyura merupakan salah satu kuliner khas saat Tahun Baru Islam. Lebih tepatnya, sajian ini disatukan dengan pelaksanaan puasa sunah di bulan pertama kalender Hijriah, yakni Muharram. 

Pada hari ke-10 bulan Muharram, umat Islam merayakan Hari Asyura yang ditandai dengan puasa sunah. Dan bubur Asyura adalah bubur yang dibuat dengan berbagai bahan dan ramuan khusus untuk berbuka puasa pada hari tersebut. 

Ia pun berharap, kegiatan positif seperti ini terus digaungkan seluruh warga Kota Seribu Sungai. 

"Kegiatan ini rakat mufakat, gotong royong, ini dicerminkan ibu-ibu di Banjarmasin. Bukan hanya di Sungai Andai saja, tapi dibanyak tempat," pungkasnya. 

"Mudah-mudahan kebersamaan ini semakin memperkuat silaturahmi, sekaligus beribadah kepada Allah SWT secara berjamaah," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya