Ini Pesan Wali Kota Banjarmasin Kepada Puluhan Calon Paskibraka Kota Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina membuka kegiatan Pembekalan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Banjarmasin tahun 2023 di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Rabu (9/8/2023) tadi malam. 

Dalam sambutannya, Ibnu Sina mengucapkan selamat kepada adik-adik yang telah terpilih sebagai para calon anggota paskibraka tingkat Kota Banjarmasin, karena tidak semua siswa SMA sederajat memiliki peluang menjadi anggota paskibraka. 

"Sebagai calon anggota paskibraka, adik-adik menanggung tanggung jawab moral dalam mengamalkan ikrar panca paskibraka," ujarnya dalam sambutan. 

Ibnu menjelaskan, kegiatan pembekalan itu merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan menuju pelaksanaan tugas berat dan mulia sebagai bagian dari pasukan pengibar bendera pusaka pada peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Pembekalan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas dengan baik nantinya," jelasnya. 

"Saya berharap adik-adik dapat mengambil setiap pelajaran dengan serius dan melibatkan diri dengan sepenuh hati. semoga persiapan dan perjalanan kalian menuju pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar dan sukses," tutupnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin, H Lukman Fadlun menyampaikan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tersebut merupakan putra putri terbaik bangsa yang direkrut dan diseleksi secara bertahap dan berjenjang melalui sistem dan mekanisme pendidikan dan pelatihan yang menanamkan nilai nilai kebangsaan. 

"Kegiatan ini peserta diberikan bekal mengenai bagaimana cara peraturan baris berbaris, kepemimpinan, kedisiplinan, penguatan mental dan fisik serta lainnya," terangnya. 

Ia memaparkan, calon paskibraka Kota Banjarmasin tersebut berjumlah 28 orang terdiri dari 14 putra dan 14 putri yang terpilih dari hasil seleksi antar Sekolah Menengah Atas Sederajat yang ada di Kota Banjarmasin. 

Kemudian, H Lukman Fadlun menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut pertama melaksanakan kegiatan sesuai Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin. 

Kedua, menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin, serta tanggung jawab, ketiga menumbuhkan rasa persatuan, yakni rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan yang terjalin diperlukan untuk menjalankan tugas, keempat menumbuhkan sikap disiplin. 

"Terakhir, menumbuhkan rasa tanggung jawab, yaitu berani untuk bertindak, mengambil resiko yang sifatnya menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan atau menimbulkan resiko untuk dirinya," tutupnya. 

Penulis : tim liputan dan rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya