Kabut Asap Tebal, DLH Sebut Kualitas Udara Di Banjarmasin Masih Aman

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kondisi udara di Kota Banjarmasin beberapa pekan ini dilanda kabut asap. Bahkan, pada petang hingga malam hari, asap tebal turut menyelimuti pusat kota Seribu Sungai.

Namun demikian, menurut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, kondisi udara di Banjarmasin dalam kondiai masih aman.

Sekretaris DLH Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono mengatakan, dari papan Air Quality Monitoring System (AQMS), di kawasan hutan kota atau di sekitar Jalan Lambung Mangkurat, kualitas udara di kota Baiman masih dalam kategori sedang.

"Dari pemantauan kami dari tanggal 26 sampai 28, beberapa parameter di AQMS, masih kategorinya baik," ungkapnya kepada hallobanua.com, pada Senin (28/8/2023).

Menurutnya, dari 7 indikator di AQMS, terlihat hampir semua indeks pencemaran udara dipapan tersebut berwarna hijau. Hanya ada 1 indikator yang menunjukan kategori sedang, yakni PM2,5.

"Jadi berdasarkan pantauan tetap aman," tegasnya.

Untuk kabut asap yang ada di Kota Baiman ini ujarnya merupakan kiriman dari kabupaten kota tetangga.

Menurut sekretaris DLH itu, tingkat kualitas udara sendiri fluktuatif atau akan mengalami perubahan.

"Jadi kadang naik, kadang turun. Artinya itulah fungsi dari alat itu mendeteksi. Tapi semuanya masih berada diambang sehat," pungkasnya.

Terlepas dari itu, Wahyu bilang jika pihak DLH akan terus melakukan monitoring terhadap Air Quality Monitoring System, agar bisa memberikan peringatan terlebih dahulu kepada warga jika kondisinya mengkhawatirkan.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya