Kampung Merah Putih Diresmikan, Sungai Andai Jadi Pelopor

hallobanua.com, BANJARMASIN - Upacara pengibaran bendera merah putih digelar di Komplek Herlina Perkasa RT 70 Jalan Sungai Andai Kecamatan Banjarmasin Utara dengan diikuti seluruh warga pada Minggu (6/8/2023) pagi. 

Digelarnya upacara pengibaran bendera merah putih itu adalah sebagai tanda diresmikannya Kampung Merah Putih (Kamaratih) dengan dipimpin langsung oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina. 

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan bahwa ia bangga dengan semangat Kamaratih ini pertama diadakan di Banjarmasin bahkan di Kalimantan Selatan (Kalsel). 
"Kami nyatakan, kampung di RT 70, Sungai Andai resmi menjadi Kampung Merah Putih. Ini juga merupakan Kampung Merah Putih pertama di Kota Banjarmasin dan bahkan se Kalsel, terimakasih para warga, Forum Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) dan Kesbangpol yang mensukseskan pendirian kamaratih ini," tutur Ibnu Sina. 

"Ini merupakan wujud dari semangat juang nasionalisme para warga dalam menyambut hari kemerdekaan kita," tambahnya. 

Ia mengungkapkan bahwa warga juga sepakat tidak hanya ramai di momentum 17 Agustus tahun ini namun akan terus berkelanjutan. 

"Mereka sepakat bukan hanya di momentum 17 Agustus ini namun pada momen momen hari Nasional lainnya juga akan mengibarkan bendera," ungkapnya. 

Ibnu Sina menjelaskan nantinya Kamaratih ini juga akan dikembangkan menjadi pusat kerajinan atribut maupun acesoris Kebangsaan. 

"Sentra kerajinan merah putih juga ada di sini nanti, untuk itu kita sudah bekerja sama dengan dinas koperasi ukm ibu ibu yang mau belajar menjahit nanti masuk di BLK dan akan dilatih karena itu termasuk program wirausaha baru Kota Banjarmasin," terang Walikota Banjarmasin. 

"Setelah keterampilan yang diberikan melalui pelatihan mungkin nanti bisa dibantu dengan mesin jahit, jadi ibu ibu disini bisa memproduksi bendera merah putih dengan berbagai ukuran," lanjutnya. 

Dari Kamaratih pertama tersebut, ia berharap agar semangat kamaratih ini dapat menular kepada kampung lainnya di Banjarmasin dan kemudian masuk di event tahunan Pemerintah Kota Banjarmasin sehingga dapat menyeluruh. 

"Semoga kemeriahan kibaran bendera merah putih juga diikuti semua kampung," tuturnya. 

Sementara itu, Koordinator PPWK Kota Banjarmasin Bambang Budiyanto, mengaku terharu, kampung Kamaratih yang digagas pihaknya sejak awal tahun 2023 ini dan didukung oleh warga RT 70, Sungai Andai itu akhirnya diresmikan oleh Walikota Banjarmasin. 

Artinya, kini kamaratih tinggal menjalankan tugasnya seperti kapan mengibarkan bendera saat hari-hari besar Nasional. 

Kamaratih sendiri didirikan sebagai  menumbuhkan semangat nasionalisme masyarakat. Dari Kamartih pertama ini akan tercipta kamaratih di kampung lainnya dan tentu agar masyarakat lebih bangga dengan bendera negara dan bangsanya sendiri. 

Tak lupa, Bambang juga mengucap terimakasih tak terhinggA atas dukungan penuh Wali Kota Banjarmasin, BUMD dan SKPD Pemko Banjarmasin dan seluruh pengurus PPWK. 

"Terimakasih semua pihak, pak wali, instansi, SKPD dan para donatur yang turut mensukseskan Kamaratih. Mudahan ini bisa menjadi contoh dan kegiatan menjadi agenda rutinitas," pungkasnya. 

Peresmian Kamaratih yang ditandai dengan pengibaran bendera merah putih itu juga dilaksanakan Penanaman pohon buah di lingkungan RT 70 serta makan bubur dan kue khas Kamaratih yakni bubur merah putih dan kue merah putih. 

Kris/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya