Ratusan Peserta Ikuti Kontes Bonsai Nasional 2023, Ibnu Sina Kagum Pecinta Bonsai Di Banjarmasin Berkembang

hallobanua.com, BANJARMASIN - Ratusan pecinta pohon Bonsai ikut ambil bagian di ajang Pameran dan Kontes Bonsai Nasional yang digelar oleh Pemko Banjarmasin, Sabtu (5/8/2023). 

Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kota Banjarmasin itu mendapat perhatian penggemar dan kolektor Bonsai dari berbagai daerah di Indonesia. 

Bahkan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengaku terkejut ternyata pengrajin Bonsai di Kota Seribu tumbuh berkembang dengan baik. Padahal selama ini kolektor dan pengrajin Bonsai banyak didominasi dari pulau Jawa. 

“Pertama saya mengucapkan selamat dengan kegiatan Pameran dan Kontes Bonsai 2023 di Banjarmasin. Katagorinya pun menjadi Pratama dan diikuti banyak penggemar Bonsai di berbagai daerah. Bagi Banjarmasin ternyata potensinya sangat besar, dengan endemiknya di Kalimantan, jenis-jenis pohon yang bisa dikreasi ternyata juga banyak," ungkap Ibnu Sina di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kota Banjarmasin,Sabtu (05/06/2023). 

Tak hanya kagum dengan beragam Bonsai yang dipamerkan dan dilombakan, Wali Kota Banjarmasin mengaku bangga dengan semakin banyaknya pengrajin tanaman yang dikerdilkan ini di kota Banjarmasin. 

Terlebih setelah ditelusuri sangat banyak kolektor dan pengrajin di kota ini yang memiliki keterampilan mendesain Bonsai, menjadi tanaman yang berharga dan bernilai jual jutaan rupiah. 

Pameran dan kontes tanaman bonsai yang digelar mengelilingi halaman Kantor Dinas Pertanian Kota Banjarmasin,  memamerkan ratusan tanaman bonsai dari berbagai daerah, juga bertujuan meningkatkan nilai harga jual bonsai serta menjadi ajang komunikasi bagi para pecintanya 

“Kita berharap ini membuka peluang ekonomi. Karena pameran dan kontes bonsai ini menunjukkan kreativitas dan kreasi UMKM bonsai bisa terus bergerak dan dijalankan. Harapan tahun depan semakin lebih bagus lagi,” ujarnya. 

Kontes Bonsai Nasional 2023 ini pun menarik penghobinya. Dari pantauan terlihat ratusan penghobi bonsai yang turut memamerkan bonsai karya mereka. Beberapa di antaranya bahkan pernah ditawar hingga ratusan juta. 

Bonsai yang dipamerkan kali ini terdapat pula dari pohon beringin jenis Pinus, Cedar, Santeki, Kimeng hingga pohon Serut. Pohon-pohon jenis itu kalau sudah jadi bonsai harganya disebut-sebut bernilai ratusan juta rupiah. Tak heran jika banyak menyukai dengan tanaman yang satu. 

Sekedar diketahui Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya