Percepatan Infrastruktur Berjalan Signifikan, Banjarmasin Raih Penghargaan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kota Banjarmasin menerima Penghargaan Apresiasi Tokoh Indonesia Tahun 2023 yang diinisiasi oleh Perusahaan Info Media Digital (TEMPO). 

Penghargaan pun diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, mewakili Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di The Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta pada Selasa (29/8/2023), malam tadi.

Pemerintah Kota Banjarmasin berhasil menyabet penghargaan dalam Kategori Percepatan Infrastruktur yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi. 
Selain Kota Banjarmasin, kategori serupa juga diterima oleh provinsi DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, kabupaten Tapanuli Utara serta Musi Rawas.

Dalam kesempatan itu, Ikhsan Budiman mengaku bersyukur atas penghargaan yang telah diraih.

"Pertama terimakasih kepada Tempo yang telah mengapresiasi pelaksanakan pembangunan infrastruktur di Banjarmasin. Ini menjadi semangat tersendiri bagi kita di kota Banjarmasin dimana tantangan untuk melaksanakan pembangunan itu begitu besar," beber Ikhsan.

Menurutnya, sesuai dengan Visi misi Banjarmasin Baiman dan Lebih Bermartabat, percepatan pembangunan di kota berjuluk Seribu Sungai memang telah berjalan secara signifikan.

Hal itu pun tak lepas dari peranan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang di periode kedua kepemimpinannya tersebut terus menyelaraskan dan menggaungkan semangat kolaborasi dalam membenahi kota Banjarmasin bersama Wakil Wali Kota Arifin Noor.

"Kita dapat membuktikan bahwa kita dapat melaksanakan pembangunan infrastruktur, baik itu jembatan dengan bentang yang cukup lebar yang telah kita selesaikan dalam beberapa tahun terakhir. Kemudian juga penataan kawasan sungai sebagai pencegah atau pengendalian Banjir, lalu menjadikan sungai sebagai moda transportasi dalam hal meningkatkan kepariwisataan kita, ini semua telah kita laksanakan," jelas Ikhsan

Lebih lanjut, Ikhsan menuturkan terkait capaian realisasi belanja infrastruktur pemerintah kota Banjarmasin telah mencapai angka 32,5 persen dari APBD Kota Banjarmasin Tahun Anggaran 2023.

"Belanja infrastruktur ini menjadi sangat penting karena nanti akan terlihat terkait realisasinya seperti apa, komposisi postur APBD kita sudah mengarah kesitu. Kemudian di tahun berikutnya ini akan kita pertahankan, Sebab kita sadar tidak hanya capaian hari ini yg bisa dibanggakan, namun kita akan melihat pada beberapa hal lagi, salah satunya adalah terkait dengan normalisasi sungai," terangnya.

"Tak kalah penting, dukungan anggaran menjadi hal yang utama dalam program infrastruktur ini," pungkasnya.

Sementara itu, Arif Zulkifli menyebutkan bahwa ajang Apresiasi Tokoh Indonesia merupakan bentuk penghargaan Tempo bagi seluruh mitra kerja pemerintah daerah yang telah berkomitmen dan bekerja sama dalam mewujudkan beragam hal untuk kemajuan Indonesia.

"Sebagai media arus utama misi Tempo tidak sekedar menghadirkan informasi yang akurat dan kredibel mengenai kinerja kepala pemerintah daerah di pelosok Indonesia, Namun juga menyediakan tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai tantangan dan hambatan dalam membangun daerah," ungkap Arif Zulkifli.

"Kami berharap apa yang terjadi di daerah bisa kita rasakan bersama orang-orang terbaik yang dipilih masyarakat. Jadikan keberadaan institusi pemerintah daerah yang efektif dan efisien," tutupnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya