Antisipasi Kabut Asap Karhutla, BPBD Kota Banjarmasin Bagikan Ribuan Masker

hallobanua.com, BANJARMASIN - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin membagikan sebanyak 1000 masker kepada pengguna jalan raya di Sungai Andai dan Relawan Pemadam Kebakaran, Jumat (29/9/2023). 

Danru Regu II BPBD Kota Banjarmasin, Andy Putera mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka sebagai antisipasi dampak kabut asap yang menyelimuti udara di kota setempat.

"Memang beberapa hari terakhir, kondisi kualitas udara di Kalsel khususnya Banjarmasin memburuk dan berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu aksi ini untuk meminimalkan risiko dampak menghirup kabut asap bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan," terang Danru II BPBD Kota Banjarmasin. Jumat (29/9/2023). 

Ia mengungkapkan tebalnya kabut asap yang menyelimuti Kota Banjarmasin ini terjadi karena dampak kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Banjar dan Barito Kuala yang terjadi belakangan ini.

"Apalagi beberapa hari yang lalu terjadi kebakaran lahan juga di wilayah Handil Bakti, Batola yang notabene cukup dekat dengan Banjarmasin hingga asap semakin pekat," ungkap Andy. 

Dia pun meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau di luar ruangan, terutama bagi masyarakat yang berisiko tinggi. Jika pun keluar rumah harus menggunakan masker.

"Jika memang tidak ada kepentingan lebih baik sementara di rumah dan jika berpergian keluar rumah tetap gunakan masker agar meminimalisir resiko penyakit," imbaunya. 

"Selain itu kami juga mengajak masyarakat untuk tidak membakar lahan dengan alasan apapun dan turut mengawasi dan mengantisipasi kebakaran lahan di sekitar tempat tinggal atau lahan yang dimiliki," pungkasnya.

Penulis Krisna
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya