Beberapa Delegasi Mulai Berdatangan, BIPA 2023 Siap Digelar

hallobanua.com, BANJARMASIN - Berbagai persiapan telah dilakukan Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, untuk gelaran Banjarmasin International Performing Art (BIPA) 2023.

Benar saja, dari pantauan hallobanua.com, terlihat panggung megah sudah berdiri di depan Balai Kota Banjarmasin pada Minggu (3/9/2023).

Kepala Bidang Kebudayaan, Disbudporapar Kota Banjarmasin, Zulfaisal mengatakan, BIPA rencananya akan digelar pada Senin sampai Selasa (4-5/9/2023) besok dan menghadirkan para pelaku seni dari beberapa negara, komunitas seni seniman dari dalam dan luar negeri yang menampilkan seni tari kontemporer dan seni musik. 

Tak hanya itu, beberapa delegasi seniman dari 5 negara yakni Spanyol, Lithuania, Jepang, Singapura dan Malaysia, telah datang ke Kota Seribu Sungai.

"Tinggal delegasi dari Jepang yang akan hadir besok. Semuanya ada 5 negara nanti besok tanggal 4 malam dan 5 September malam yang akan memeriahkan BIPA pertama kalinya ini," kata Zulfaisal saat membuka kegiatan Press Conference BIPA di Restoran Saraba Nyaman, Minggu (3/9/2023) Sore.

Ia mengungkapkan, Kota Banjarmasin dalam kegiatan tersebut bakal menampilkan seni Musik Panting yang dipadukan dengan khas kekinian atau lebih dikenal dengan sebutan kontemporer.

Selain itu ujarnya, juga terdapat tampilan Tari tradisi yang juga bersifat kontemporer.

"Acara ini juga tak lepas dari visi-misi Wali Kota Banjarmasin yang dimana pada butir misinya adalah melaksanakan kegiatan pergelaran seni budaya Nasional dan Internasional, dan untuk pertama kali ini kita tandem bersama SIPA dari Kota Solo," tutur Zulfaisal.

Ia pun berharap masyarakat Kota Seribu Sungai dapat berpartisipasi memeriahkan kegiatan BIPA selama 2 hari berturut-turut.

"Mari kita ramaikan kegiatan ini, agar dua hari kedepan acaranya berjalan meriah, apalagi nanti setiap malam ada hiburan dari berbagai seniman baik lokal, Nasional maupun Mancanegara nantinya," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur sekaligus Founder SIPA, Dra Raden Ayu Irawati Kusumorasri, yang berkesempatan hadir dalam kegiatan press conference tersebut berharap, gelaran BIPA bisa mandiri dan bisa msngundang sendiri seniman-seniman baik dari luar dan dalam negeri. Mengingat gelaran BIPA tahun 2023 ini masih berkolaborasi dengan SIPA.

"Dan juga bisa berdiri dan menyelenggerakan sendiri BIPA dengan lebih baik dan ramai," tutupnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya