Bupati Zairullah Apresiasi Expose Awal Kajian Bantuan Untuk Parpol

hallobanua.com, TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar mengapresiasi kegiatan expose awal kajian bantuan keuangan untuk partai politik (Parpol).

“Tentu terimakasih kepada lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) atas kerjasamanya dalam mengerjakan pokok kajian bantuan ini,” kata Abah Zairullah melalui Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra, H.Eka Safrudin saat membuka Expose Awal Kajian Bantuan Parpol Rabu (20/09/2023) di ruang rapat Bersujud kantor Bupati.

Ia mengungkapkan, penyaluran bantuan kepada parpol tersebut merupakan amanah konstitusi ada aturanya pada undang undang nomor 2 tahun 2011 dan permendagri nomor 78 tahun 2020.

Lebih jelasnya dalam undang-undang bantuan itu, keuangan parpol dapat menggunakannya untuk operasional. Selain itu, juga untuk pendidikan politik dalam bentuk workshop,seminar, dialog dan pertemuan parpol lainnya.

“Karena itu, saya berharap bantuan parpol nanti agar dapat digunakan secara proporsional,dan tidak ada konflik kepentingan hingga bebas pungutan ,sesuai peraturan perundang undangan,” ucap Bupati.

Dikatakan, lewat Dinas Pendidikan Tanah Bumbu kegiatan Festival belajar.id
Zairullah menegaskan, setiap bantuan Parpol agar selalu di awasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sehingga penggunaan benar benar sesuai peruntukan.

“Selain itu saya berharap pula dengan adanya bantuan parpol ini dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Tanah Bumbu Nahrul Fejeri mengatakan. Hasil rapat Ketua DPRD Tanbu dan Bupati Tanah Bumbu sudah membicarakan wacana tambahan angggaran yang semula 10.000 persuara menjadi 13.000 persuara.

Namun setelah berkonsultasi dengan pihak BPK dan Kemengadri ,bahwa kenaikan itu boleh menambah ,namun perlu ada kajian dari lembaga independen.

“Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan atas bantuan itu apakah benar benar memberi manfaat dalam peningkatan kualitas demokrasi di tempat kita. Justru Itu kita memilih lembaga independen yang berasal dari ULM,” tutupnya.

Penulis Agus
Tanah bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya