FGD SIDa 2023 Diharapkan Dorong Inovasi Pasar Tenaga Kerja di Tanbu

hallobanua.com, TANAH BUMBU-  Bappedalitbang Tanah Bumbu mengambil langkah dalam mendorong inovasi pasar potensi tenaga kerja melalui Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Tahun 2023”.

Acara terlaksana ini, dengan tujuan penting untuk melengkapi data penelitian yang akan menjadi landasan dalam penyusunan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Tanah Bumbu pada Rabu (20/9/2023).

Sekretaris Bappedalitbang Romatua Simanjuntak mengungkapkan, inovasi daerah merupakan langkah penting dalam memperbaharui penyelenggaraan pemerintahan daerah. 

“Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mendorong kreativitas lokal dan menggencarkan upaya inovasi,” ujarnya.

Isu strategi daerah, seperti kualitas SDM, infrastruktur, ekonomi, dan risiko bencana, memerlukan kolaborasi inovasi yang efektif. 

Dikatakan, inovasi harus menjadi suatu kebiasaan dalam memecahkan masalah daerah, mengandung unsur pembaharuan, memberikan manfaat kepada masyarakat, dan memperhatikan kepentingan publik serta aspek-aspek kewenangan daerah. Inovasi juga harus bersifat aplikatif dan dapat di replikasi di berbagai konteks.

Tidak hanya itu, inovasi yang diciptakan juga harus memperhatikan berbagai aspek, dan inovasi yang berkelanjutan harus selalu memperhatikan dan mengevaluasi untuk memastikan peningkatan yang berkelanjutan.

Dipaparkan, SIDa dalam hal ini, disusun dalam sebuah dokumen disebut sebagai roadmap SIDa. Dokumen ini, akan menjadi acuan bagi daerah dalam menerapkan dan mengembangkan inovasi daerah dalam jangka menengah. Rincian target setiap Tahun Anggaran juga akan teruraikan dalam roadmap SIDa ini.

“Di era digitalisasi seperti saat ini, perubahan terjadi di semua sektor, dan masyarakat mengharapkan pelayanan yang lebih baik dari pemerintah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus mengembangkan inovasi daerah dengan roadmap SIDa sebagai panduan komprehensif tahun ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, FGD ini adalah langkah awal penting dalam perjalanan menuju inovasi yang lebih baik di Kabupaten Tanah Bumbu. Harapannya bahwa melalui upaya kolaboratif ini, Kabupaten Tanah Bumbu dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta mendorong pertumbuhan pasar tenaga kerja di wilayah ini.

Penulis agus
Tanah bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya