Dana Bantuan Parpol Diwacanakan Naik Pada 2024

hallobanua.com, BANJARMASIN - Jelang Pemilu 2024, dana hibah partai politik (Parpol) di Kota Banjarmasin diwacanakan naik sekitar Rp15 ribu persuara.  

"Diwacanakan akan naik di tahun 2024 jadi Rp15 ribu persuara," ungkap Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali.

Dia mengungkapkan, wacana dinaikkan dana bantuan hibah parpol tersebut dikarenakan menilai dari kemampuan keuangan daerah Banjarmasin yang semakin membaik. 

Semula, lanjut Matnor, dana hibah parpol dianggarkan dalam APBD murni 2023 awalnya Rp3.100 kemudian dinaikkan menjadi Rp 5.000 persuara. Kemudian melihat dari kemampuan daerah diwacanakan lagi dana bantuan parpol naik lagi hingga sebesar Rp15 ribu persuara.

 " Naiknya dana hibah parpol yang dinaikan ini sekitar Rp10 ribu dari sebelumnya Rp5.000 persuara," ujarnya. 

Dana parpol tersebut nantinya tidak hanya digunakan untuk keguatan parpol. Tetapi juga ada disiapkan untuk pos pendidikan politik masyarakat dengan tujuan mensukseskan Pemilu. 

"Jadi tidak 100 persen untuk parpol karena 40 persen digunakan belanja partai dan 60 persen untuk pendidikan politik," jelasnya 

Dia berharap dengan dana hibah parpol itu perannya dalam membantu kondusifitas masyarakat Banjarmasin semakin meningkat seperti memberikan pemahaman ke masyarakat tentang pemilih cerdas.

"Supaya jangan sampai ada beda pilihan politik beda partai akan terjadi konflik, karena politik itu mencari pemimpin yang berkualitas dan amanah," pesannya.
Ia menambahkah bahwa penambahan dana ini sebagai stimulan anggaran dalam memberikan pembelajaran politik kepada kader-kadernya. 

Penulis : Dya
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya