Ini Penyebab Rumah Ambruk Di Sungai Lulut

hallobanua.com, BANJARMASIN - Setidaknya ada 2 buah rumah yang ambruk di Komplek Asman Pesona, di Jl. Martapura Lama, Sungai Lulut, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, pada Kamis, (14/9/2023) dini hari sekira pukul 00.30 Wita.

Diketahui, sampai saat ini pihak perumahan bersama kepolisian Polres Banjar masih terus melakukan pemeriksaan dan investigasi.

Irfan Wahyudi, Pelaksana Perumahan Asman Pesona mengatakan, melihat dari investigasi yang dilakukan pihaknya ambruknya rumah itu ternyata merupakan bangunan tambahan dari pemilik rumah yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Selama ini ujarnya, pihaknya sudah membangun rumah bersubsidi tersebut sesuai spesifikasi dan ketentuan dari perumahan.

"Awal pembangunan kita, rumah standar kita pasti sesuai dengan spesifikasi yang tergambar. Kenapa ambruk ini, karena menambah bangunan tanpa ada konfirmasi dan tidak sesuai spesifikasi. Karena pembangunan yang salah besar kepala, kecil kaki," ujarnya kepada hallobanua.com, Kamis, (14/9/2023).

"Bahkan tongkatnya pun ini 5×7 yang sambung, membuat beberapa rumah disampingnya terdampak," sambungnya.

Ia pun bilang, jika pembangunan bangunan tambahan dengan kaki-kaki 5×10, kemungkinan bangunan tersebut tidak ambruk.

"Kalau ini ukuran kecil dan sambung, mau bagaimana itu tidak akan kuat, apalagi tingginya 1,5 meter dari bawah ke atas," jelasnya.

Lantas, ia pun kembali menegaskan bahwa pihak perumahan sampai saat ini sudah membangun sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan.

"Jadi tidak merubah isi di gambar. Dan pihak perumahan tidak pernah menyuruh nasabah untuk membangun rumah tambahan," tegasnya.

Ditanya, terkait kondisi korban saat ini, ia tak mengetahui persis. Namun ujarnya pihak perumahan atas dasar kemanusiaan akan memberi bantuan berupa perbaikan dan pengobatan untuk korban.

"Kami juga berencana menjenguk korban sekalian memberikan bantuan," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya