Nyaris Kebakaran di Kayutangi, Danru Regu 2 DPKP Banjarmasin Imbau Warga Untuk Pencegahan Dini


hallobanua.com  BANJARMASIN - Sebuah gudang Sumber Pangan, di kawasan Flamboyan 3 Kayutangi, Kecamatan Banjarmasin Utara, nyaris terbakar, Jumat (29/9/2023) sekitar pukul 18.55 wita. 

Diketahui, korsleting listrik nyaris membakar gudang yang menyimpan produk frozen food tersebut. 

Beruntung petugas emergency gabungan Kota Banjarmasin cepat menanggapi laporan dan segera ke lokasi kejadian. 

Dari pantauan dilapangan, kabel dekat meteran listrik gudang tersebut terlihat meletup letup dan sudah mengeluarkan api. 

Mengetahui hal tersebut, petugas pemadam kebakaran langsung melakukan langkah pencegahan dengan memadamkan api tersebut menggunakan APAR sebelum semakin membesar. 

Danru Regu 2 Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin Syauqi Mahfuzan mengatakan bahwa konsleting tersebut sudah diantisipasi dan dipadamkan sebelum membesar. 

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak PLN jadi tinggal menunggu untuk diputus alurnya agar warga sekitar merasa aman," terang Danru Regu 2 DPDK Banjarmasin. 

Mengingat beberapa kali kebakaran di Kota Banjarmasin terjadi karena korsleting listrik, DPKP Syauqi mengimbau seluruh masyarakat agar turut menjaga serta jangan panik jika terjadi. 

"Saat ini kita juga sedang giat giatnya mensosialisasikan penggunaan APAR guna pencegahan dini kebakaran," ujarnya. 

"Untuk listrik yang cocok itu menggunakan APAR dan jika menggunakan air bisa berbahaya karena dapat menghantarkan listrik yang malah membuat korsleting semakin besar," lanjutnya. 

Selain korsleting, Ia juga mengingatkan terkait kebakaran akibat human error seperti lupa mematikan kompor saat memasak. 

"Ada juga kebakaran karena human error, seperti beberapa kali belakangan kebakaran di waktu subuh. Yang kita khawatirkan saat sedang berkegiatan seperti memasak dan mau sholat subuh. Mak dari itu kita mengingatkan kalau bisa saat mau memasak air dan hendak meninggalkan matikan dulu kompornya agar tidak terjadi kebakaran," pungkasnya.

Penulis Krisna
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya