Tampilkan Keindahan Sungai Di Momen Harjad, Festival Jukung Hias Tanglong Siap Digelar

hallobanua.com, BANJARMASIN - Festival Jukung Hias Tanglong kembali bakal meriahkan Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 497 pada bulan September ini.

Kegiatan tersebut akan digelar pada 23 September 2023 mendatang di kawasan Siring Sungai Martapura.

Bahkan, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjaramasin telah membuka pendaftarannya sejak Senin (4/9/2023) kemarin sampai tanggal 20 September 2023 mendatang. 

"Untuk peserta terbuka untuk siapa saja yang ingin berpartisipasi. Target kita ada 50 peserta nanti yang mengikuti," kata Kepala Bidang Pariwisata, Disbudporapar Banjarmasin, Fitriah, pada Kamis, (7/9/2023).

Dilanjutkannya, untuk Festival Jukung Hias Tanglong ini, tidak jauh berbeda dibandingkan dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya.

"Tentu bertujuan untuk menampilkan keindahan sungai dan kebudayaan banjar itu bisa diikuti dari berbagai kalangan," jelasnya.

Hal itu dilakukan agar kemeriahan event tersebut bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Kalsel.

Tak hanya itu, para peserta jukung hias tanglong tersebut kata dia, diharapkan nantinya bisa menampilkan berbagai kreatifitas dengan hiasan yang cantik dan unik dalam penampilan perahunya.
 
Adapun kriteria dan tema dalam kegiatan Festival Jukung Hias Tanglong tersebut ujar Fitriah yakni ada 2. Yakni kategori Jukung dan Kelotok (perahu bermesin).

"Hadiah yang diperebutkan totalnya Rp 96 juta bagi para pemenang nantinya," beber Fitri.

Lantas, ia pun mengajak seluruh masyarakat bisa ikut berpartisipasi dan memeriahkan lomba jukung hias tanglong tersebut.

"Harapannya dengan adanya lomba jukung hias tanglong ini bisa menumbuhkan rasa cinta khususnya warga kota untuk memelihara keberlangsungan sungai-sungai di Banjarmasin," pungkasnya.

Terkait tema, kata dia saat ini pihaknya masih dalam proses perembukan bersama tim juri dan panitia pelaksana.

"Kami rapatkan dulu untuk temanya nanti, dan segera diumumkan," tutup Fitriah.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya