Dispora Kalsel Optimis Pemecahan Rekor MURI Pencak Silat Tembus Lebih Dari 10.000 Pesilat

Budiono, Kabid Pembudayaan Dispora Kalsel

hallobanua.com, BANJARMASIN - H-1 menjelang pelaksanaan Pemecahan Rekor MURI 10.000 Pencak Silat bersama Dispora Provinsi Kalimantan Selatan, pihak penyelenggara memastikan kegiatan akbar tersebut dapat memecahkan rekor MURI Nasional.

Hal itu disampaikan Kabid Pembudayaan Dispora Kalsel, Budiono. Dikatakannya, untuk pesilat yang sudah terdata berjumlah 10.000 lebih.

"Dukungan dari komponen masyarakat khususnya IPSI Kalimantan Selatan dari data masuk ke kami dari IPSI Kalsel lebih kurang enam ribu pesilat, kekurangannya dari lingkup SKPD Kalsel dan ditambah dari Dinas Pendidikan Peserta terbanyak, pesilat yang terdata saat ini kurang lebih 12 ribu lebih," ungkap Budiono, Kabid Pembudayaan Dispora Kalsel, kepada hallobanua.com, Jumat (27/10/2023).

Budiono pun berharap dari jumlah pesilat yang sudah terdata itu, bisa memenuhi target sesuai dengan proposal yang disampaikan pihaknya ke MURI Nasional.

Dikatakan Budiono, sesuai dengan kegiatan simulasi yang dilakukan beberapa hari lalu, pemecahan rekor MURI pencak silat akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2023 di halaman Kantor Gubernur Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Untuk teknis pelaksanaannya, lanjut Budiono para pesilat akan memperagakan gerakan jurus tunggal IPSI sebanyak 13 gerakan yang akan dipandu oleh sejumlah instruktur pencak silat dari IPSI Kalsel.

"Nanti pak Gubernur mengambil komando untuk mempersilahkan semua pesilat untuk memulai pemecahan rekor Muri Nasional," kata Budiono.

Memastikan jumlah 10.000 pesilat, MURI Nasional agar melakukan perhitungan jumlah pesilat di sela sela pemecahan rekor berlangsung.

"Setelah perhitungan pihak MURI akan menyerahkan sertifikat rekor MURI kepada bapak gubernur," lanjut Budiono.

Ditegaskannya, pemecahan rekor  ini tidak hanya sebatas untuk memecahkan rekor MURI saja, namun berharap dapat memulihkan perekonomian khususnya menggerakan melalui olahraga.

"Kita juga berharap dapat menggerakan potensi masyarakat melalui olahraga pencak silat," sambungnya lagi.

Melalui pemecahan rekor MURI ini Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalimantan Selatan berharap kegiatan olahraga pencak silat di masyarakat bisa tumbuh  sehingga dapat menjadi kegiatan positif ke depannya.

"Ke depannya akan bisa muncul bibit atlit dan penggerak pencak silat di banua kita," pungkas Budiono juga Sekretaris BKPRMI Prov Kalsel.

Penulis : Maisuri
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya