Pemko Genjot Program Normalisasi Untuk Tanggulangi Banjir Rob

hallobanua.com, BANJARMASIN - Untuk penanggulangan banjir rob di Banjarmasin, Pemko Banjarmasin terus menggencarkan program normalisasi sungai di sejumlah titik.

Kepala Bidang Sungai, di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Hizbul Wathony mengatakan, pihaknya tengah fokus terhadap pembebasan lahan di antaranya Sungai Bilu, Sungai Gardu, Sungai Pekapuran dan Sungai Veteran.

Namun, Thony bilang jika pembebasan lahan yang sudah dibayarkan baru di kawasan Sungai Bilu dan Sungai Gardu.

"Dua lokasi tersebut kita sudah bayarkan sekitar Rp 10 miliar lebih," ungkap Thony Kamis (26/10/2023).

Dilanjutkannya, pembayaran akan dilakukan pada akhir tahun mendatang yakni sekitar Rp 20 miliar di kawasan Sungai Pekapuran, Sungai Guring termasuk Sungai Veteran.

Tak hanya itu, terkait pembebasan lahan di kawasan Sungai Veteran, turut berdampak pada halaman D'master, belakang Taher Square atau Klenteng Soetji Nurani hingga Pasar Kuripan.

Akan tetapi pembebasan di kawasan tersebut tidak secara keseluruhan, hanya sesuai kebutuhan untuk pelebaran sungai.

Tentunya terkait pembebasan lahan itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak yang terdampak tersebut.

"Untuk Pasar Kuripan sudah kita koordinasikan dengan dinas terkait. Sementara D'master sudah deal. Cuman belum dilakukan pembayaran," bebernya.

Ia pun menargetkan untuk pembebasan lahan untuk di kawasan Sungai Veteran sudah berkontrak atau bisa dilakukan awal tahun 2024 mendatang.

Total anggaran keseluruhan pembebasan lahan untuk normalisasi sungai dalam penanggulangan bencana banjir pada sejumlah titik itu sekitar Rp 40 miliar.

Dimana dari pembebasan lahan itu, juga akan dibangun rumah pompa dan pintu air di tahun 2024 mendatang di tiga titik yakni di muara Sungai Pekapuran, muara Sungai Bilu dan muara Sungai Gardu yang langsung berhubungan ke Sungai Martapura.

"Mudah-mudahan tiga lokasi itu di tahun depan sudah bisa kelihatan, paling tidak pengaturan air di jalan kota bisa maksimal," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya