Berhasil Atasi Kawasan Kumuh, Banjarmasin Raih Bhumandala Award

hallobanua.com, BALI - Pemko Banjarmasin berhasil meraih penghargaan prestisius Bhumandala Award 2023 dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

Penghargaan langsung diterima Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor di Bali itu, diketahui untuk inovasi luar biasa dalam penanganan kawasan kumuh. 

Arifin menyebutkan, Inovasi yang dikenal dengan nama "Dikayuh Baimbai" itu telah membantu mempercepat proses verifikasi pelaporan dan penyusunan usulan penanganan kawasan kumuh di Banjarmasin.

"Prestasi ini menjadi bukti nyata komitmen Pemko Banjarmasin dalam memanfaatkan data Geospasial untuk penataan kota, terutama dalam mengatasi masalah kawasan kumuh", ucap Arifin Noor dalam siaran pers, Selasa (07/11/2023).

Orang nomor 2 di Bumi Kayuh Baimbai itu menyatakan, meraih penghargaan tersebut bukanlah hal yang mudah. Namun dengan dedikasi dan kerja keras Pemko Banjarmasin berhasil mengatasi tantangan dalam penanganan kawasan kumuh.

"Kita berharap penghargaan ini akan menjadi pemicu untuk terus berinovasi dalam penanganan masalah geospasial dan permasalahan perkotaan lainnya," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, juga didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Banjarmasin, Ahmad Syauqi, dan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Banjarmasin, Chandra Iriandi Wijaya beserta jajaran terkait.

Dalam kesempatan itu, Chandra bilang 'DiKayuh Baimbai' telah meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, dengan mempercepat verifikasi usulan terkait penanganan kawasan kumuh di Kota Banjarmasin.

"Dalam 2 tahun terakhir, Pemko Banjarmasin berhasil mengurangi kawasan kumuh sekitar 130 hektar dari total awal 510 hektar," terang Chandra.

Dengan pencapaian ini kata dia, sisa kawasan kumuh yang masih ditangan Pemko Banjarmasin kini hanya tersisa 380 hektar. 

"Kita memiliki rencana ambisius untuk menyelesaikan sisa kawasan kumuh ini dalam 3 hingga 4 tahun mendatang, yang akan menjadi langkah besar untuk memperbaiki kualitas lingkungan perkotaan," tutupnya.

Penulis : diskominfo bjm rian akhmad 
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya