Dalam Sehari Kota Banjarmasin Dilanda Empat Kali Musibah Kebakaran

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dalam sehari ini, pada Senin (13/11/2023) setidaknya 4 titik musibah kebakaran melanda Kota Banjarmasin.

Mulai dari kebakaran gudang bangunan di Jl. Cempaka Raya, Banjarmasin Barat. Kemudian kebakaran di Jl. Dahlia / Jl. Mawar Kebun Sayur Gg. Melati lll dekat Posko BPK Dahlia Banjarmasin, selanjutnya di Jl. Veteran dekat Tempekong, Banjarmasin Tengah.

Terbaru, si jago merah kembali melalap pemukiman padat penduduk di Jl. Veteran, gang 4 Anugerah RT21, Kelurahan Melayu, Banjarmasin Tengah.

Tujuh buah bangunan terdampak kebakaran tersebut.

"3 buah rusak berat dan 4 buah rusak ringan," ujar Andi, salah satu anggota BPBD Kota Banjarmasin, Senin,  (13/11/2023).

Bahkan, dalam kejadian tersebut 1 orang mengalami luka bakar di bagian tangan dan wajah.

"Itu orang dewasa yang menjadi korban," tuturnya.

Petugas sempat kewalahan memadamkan api, lantaran padatnya pemukiman  ditambah banyak bangunan terbuat dari kayu sehingga api membesar begitu cepat.

Plt Kepala DPKP Banjarmasin, Husni Thamrin tak menampik jika intensitas kebakaran di Kota Baiman semakin tahun semakin meningkat.

Buktinya, pada tahun 2023 ini saja sampai bulan November sudah tercatan 160 kebakaran.

"Di tahun 2021 itu hanya 97 kebakaran. Kemudian di 2022 itu menjadi 106. Lalu di 2023 ini sampai hari ini sudah 160 lebih, belum termasuk yang baru. Jadi mungkin sudah dekat 170," ujarnya.

Jika dipersentasekan, peningkatan tersebut kata dia hampir berada diangka 70 persen.

Kejadian itu kata dia tidak lepas dari musim kemarau yang panjang tahun ini, hingga korsleting listrik yang terjadi di rumah warga.

"Makanya kita sudah duduk bersama pihak PLN untuk fokus menangani dan mencegah hal ini. Karena memang rentan terjadi yang listrik 900 watt kebawah," tuturnya.

Lantas, ia pun menghimbau masyarakat Kota Banjarmasin agar selalu waspada dan memperhatikan kelistrikan, hingga peralatan di dapur guna menghindari terjadinya kebakaran.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya