Gelar RAC 2023, DPC Peradi Banjarmasin Harapkan Advokat Yang Single Bar

hallobanua.com, BANJARMASIN - DPC Peradi Banjarmasin menggelar Rapat Anggota Cabang (RAC) 2023 dengan tema "Mendukung single bar untuk menjadi Advokat yang profesional" di Hotel Palm Banjarmasin. Sabtu (25/11/2023). 

Kegiatan RAC tersebut dibuka langsung oleh Ketua DPC Peradi Banjarmasin Edi Sucipto. 

Edi menjelaskan bahwa RAC ini dilaksanakan setahun sekali dan hasilnya akan dibawa ke Rakernas yang diagendakan di Solo nanti. 

"Materi yang dibahas dalam RAC ini meliputi evaluasi kinerja setahun, kegiatan apa yang sudah terlaksana dan belum serta menerima usulan usulan dari anggota," terang Ketua DPC Peradi Banjarmasin. 

"Dari situ nantinya akan kita bawa dan kita usulkan dalam rakernas nanti," lanjutnya. 

RAC tersebut merupakan bentuk bahwa DPC Peradi Banjarmasin menetapkan tekad untuk mempertahankan Peradi sebagai wadah tunggal (single bar) organisasi profesi advokat di Indonesia sesuai dengan tema acara. 

Dijelaskan oleh Ketua Pelaksana RAC sekaligus Sekretaris DPC Peradi Banjarmasin Ali Murtadlo bahwa single bar adalah untuk meningkatkan profesionalisme advokat. 

"Kita advokat Peradi ingin advokat itu profesional maka satu satunya cara adalah dengan single bar, karena proses recruitment 3 pilar penegak hukum yang lain memperbaiki perekrutannya dalam satu wadah sedangkan di advokat justru tidak," tuturnya. 

Ia menjelaskan ketika single bar masuknya cuma satu, ketika satu perekrutannya ada standar yang jelas dan jika melakukan pelanggaran bisa selesai dengan diberi sanksi atau pecat. 

"Yang ada sekarang karena seakan akan multibar akhirnya ketika disanksi disini malah pindah ke yang lain, akhirnya kasihan masyarakat pencari keadilan," ujar Ali Murtadlo. 

Dari pantaunan di lapangan, kegiatan berjalan dengan lancar dari pagi pukul 10.00 wita hingga sore hari pukul 16.30 wita dengan diikuti oleh puluhan anggota dan pengurus DPC Peradi Banjarmasin.

Penulis : krisna
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya