Membanggakan! Provinsi Kalsel Masuk 10 Besar Ajang POMNas ke XVIII

hallobanua.com, BANJARBARU - Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke XVIII tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), secara resmi ditutup.

Hasil akhir perolehan medali sejak dihelat pada 12 hingga 22 Nopember 2023 tuan rumah Kalimantan Selatan berhasil masuk 10 besar.

Hasil yang cukup membanggakan, mengingat kontingen Kalsel sejak digelar POMNas setiap tahunnya, tidak pernah masuk dalam 10 besar perolehan prestasi.

Bahkan POMNas tahun ini kontingen Kalsel berhasil menduduki posisi nomor 6  
dengan meraih 8 emas, 7 perak dan 27 perunggu.

Sementara itu posisi pertama diraih DKI Jakarta berhasil menyabet 68 emas, 34 perak dan 38 perunggu.

Dalam kegiatan clossing ceremony POMNas ke XVIII tahun 2023 yang digelar di Auditorium ULM Banjarmasin, di Banjarbaru pada Rabu (22/11/2023), Gubernur Kalsel, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel, Roy Rizali Anwar mengungkapkan apresiasi yang tinggi kepada ULM hingga seluruh atlet mahasiswa yang berlaga di ajang tersebut.

"Terimakasih dan apresiasi juga saya sampaikan kepada seluruh mahasiswa para atlet yang sudah mengibarkan potensi bakat dan kemampuannya di olahraga tingkat tertinggi mahasiwa ini," ungkap Roy, Rabu (22/11/2023).

Tak hanya itu, ia juga mengucapkan selamat dan sukses terhadap mahasiswa yang berhasil mencapai hasil tertinggi di ajang tersebut.

"Saya harap raihan prestasi ini menjadi pelecut semangat meraih prestasi diajang lebih tinggi lagi, termasuk tingkat internasional," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Olahraga mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Kalsel, M. Rusmin Nuryadin mengaku bersyukur, kontingen Kalsel berhasil masuk peringkat ke 6. Hal itu kata dia merupakan prestasi yang sangat luar biasa.

"Karena dari pomnas ke pomnas belum pernah masuk 10 besar, kita berada pada 20 lebih biasanya. Tapi tahun ini kita di posisi ke 6," ujarnya usai penutupan kegiatan.

Hal itu kata dia tak terlepas dari cabor unggulan yang ada di Kalsel, seperti gulat yang banyak menoreh medali.

"Kalau di Pomnas Padang kemarin kan gulat tidak dimasukkan. Tapi tahun ini ada kebebasan tuam rumah memasukkan cabor unggulan. Sehingga dari gulat kita sumbang 5 medali emas," jelasnya.

"Kemudian unggulan kita yakni karate juga. Itu kita mampu sumbang 2 emas, dan satu emas dari panjat tebing," sambungnya.

Ia pun mengatakan jika semua atlet mahasiswa  berprestasi akan mendapatkan reward.

"Dan Pak Gubernur dan Sekda berjanji, bagi mahasiswa berprestasi akan diberikan reward," pungkasnya.

Sementara itu, Rektor ULM Banjarmasin, Prof Ahmad Alim Bachri, merasa bersyukur karena gelaran POMNas ke XVIII tahun 2023 berlangsung sukses.

Diselenggarakan mulai 12 hingga 22 Nopember 2023, ia bilang kegiatan itu diikuti sebanyak 2.717 atlit mahasiswa yang diikuti dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Terdapat 16 cabor yang dipertandingkan. Saat POMNAS XVII di Padang hanya 14 cabor. Lalu, yang lebih membanggakan lagi, ada 2717 atlet mahasiswa ikut ambil bagian dalam kegiatan ini," ujarnya.

Selain itu, kegiatan  ini kata dia juga dimeriahkan sebanyak 1.079 manajer dan pelatih serta official dan 1263 pengikut. 

"Kemudian juga dikawal 1500 panitia dimana sebanyak 360 LO bertugas mendampingi para atlit selama proses pertandingan dilaksanakan,” pungkasnya.

Berikut 10 besar hasil dari POMNas ke XVIII tahun 2023 di Provinsi Kalimantan Selatan yakni sebagai berikut :

1. DKI Jakarta : 68 emas, 34 perak, 38 perunggu

2. Jawa Tengah : 34 emas, 42 perak, 39 perunggu

3. Jawa Timur : 30 emas, 29 perak, 46 perunggu

4. Sumatra Utara : 10 emas, 8 perak, 7 perunggu

5. Jawa Barat : 8 emas, 24 perak, 31 perunggu

6. Kalimantan Selatan : 8 emas, 7 perak , 27 perunggu

7. Kalimantan Timur : 7 emaa, 9 perak, 11 perunggu

8. Nusa Tenggara Timur  : 7 emas, 6 perak, 9 perunggu

9. Yogyakarta : 7 emas, 5 perak, 6 perunggu 

10. Bali : 5 emas, 9 perak, 14 perunggu

Penulis : rian akhmad
Kota Banjarbaru
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya