Di RPJPD, Pemko Fokuskan Banjarmasin Sebagai Kota Sungai Untuk 20 Tahun Mendatang

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin telah menyiapkan rencana pembangunan jangka panjang daerah untuk pengembangan Kota Banjarmasin.

Hal itu terungkap saat Bappedalitbang Banjarmasin melaksanakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rencana Pembangunan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Banjarmasin di salah satu hotel di Jl. A Yani Km. 5 pada Selasa (05/12/2023).

Kegiatan turut dihadiri Wali Kota Banjarmasin dan beberapa jajaran kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Ibnu Sina ingin dalam RPJPD 20 tahun kedepan di Kota Baiman harus strategis.

"Apalagi tahun 2045 itu 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Jadi harus singkron dengan visi nasional Indonesia Emas 2045," ujar Ibnu, Senin (05/12/2023).

Tak hanya itu, RPJPD Banjarmasin juga dapat disingkronkan dengan RPJPD Kalsel Babussalam dan RPJPD Nasional.

"Diharapkan disitu lebih pada aspek pemberdayaan. Serta visi misi kota ini harus sinkron dengan visi kota sungai. Kita harus kawal itu sebaik-baiknya, karena ini pedoman 20 mendatang," tuturnya.

"Jadi yang mengawal nanti seluruh SKPD dan Bappedalitbang, karena siapa pun wali kota yang nanti terpilih, dan yang mencalon, harus berpedoman kepada RPJPD ini," tegasnya lagi.

Sekali lagi, pucuk pimpinan Kota Seribu Sungai itu menegaskan jika RPJPD ini menjadi merupakan arah pembangunan Kota Banjarmasin 20 tahun mendatang.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Banjarmasin, Ahmad Syauqi mengatakan setelah nanti proses penyusunan rancangan awal RPJPD tahun 2025 -2045 ini, akan masuk ke rancangan akhir atau penyempurnaan.

"Rancangan itu nanti akan dilakukan pembahasan pada pansus di Dewan, dan ditetapkan Perda. Namun sebelumnya dievaluasi pemprov dulu," katanya.

Dengan adanya perda tersebut ujar Syauqi, maka telah menjadi payung hukum bagi siapa pun calon kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada.

"Jadi dalam penyusunan visi dan misi harus mengikuti RPJPD yang sudah ditetapkan dengan Perda," pungkasya.

Oleh karena itu kata dia, sesuai arahan pimpinan bahwa Banjarmasin merupakan Kota Sungai, harus menonjolkan Kota Seribu Sungai.

"Agar terwujud paling tidak dengan kota-kota sungai di dunia seperti Liverpool. Harapannya seperti itu," tutupnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya