Shelter di Rumah Singgah Dinsos Resmi Beroperasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meresmikan langsung Gedung Shelter Baiman di Rumah Singgah milik Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin, di Jalan Gubernur Soebardjo, Banjarmasin Selatan, telah rampung, Rabu (06/12/2023).

Ditandai dengan penandatanganan prasasti bersama Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor dan Kepala Dinsos Banjarmasin, Dolly Syahbana, bangunan shelter tersebut siap dioprasionalkan.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengatakan, penambahan 3 gedung shelter tersebut untuk pelengkap fasilitas dan juga untuk menunjang kenyamanan penghuni rumah singgah.

"Ini untuk Lanjut Usia (Lansia) terlantar, Anak Jalanan (Anjal) terlantar dan disabilitas terlantar disamping menangani ODGJ," ungkap Ibnu, (06/12/2023).

Diketahui, sampai saat ini penghuni rumah singgah yang terdiri dari ODGJ yakni sebanyak 75 orang.

Dengan adanya bangunan shelter ini, dapat menambah kapasitas penampungan di sana.

"Yang baru dibangun ini peruntukannya untuk lansia terlantar, anjal dan disabilitas. Dan desainya sudah di desai untuk hal-hal tidak diinginkan," tuturnya.

"Tetapi sekali lagi, namanya saja rumah singgah. Bukan tempat selamanya tinggal disini. Jadi SOP nya itu hanya 7 hari," pungkasnya.

Sementara itu, Kadinsos Banjarmasin, Dolly Syahbana berharap, dengan dibangunnya shelter senilai Rp2,4 miliar tersebut bisa menampung lebih banyak  permasalahan sosial yang terjadi di Kota Banjarmasin.

"Khususnya penanganan anjal hasil razia kawan-kawan Satpol PP. Karena selama ini hanya bisa ditampung 1×24 jam," harap Dolly.

Ia membeberkan, shelter tersebut dibangun sebanyak 3 blok bangunan berisikan 15 ruangan yang dibangun selama 120 hari kerja.
"Jadi bisa menampung 150 orang. 1 kamar itu 6 orang, jadi tidak berjejal," tutup Dolly.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya