Dishub Banjarmasin Mulai Uji Coba APILL di Kawasan Perempatan Gerilya

hallobanua.com, BANJARMASIN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin mulai menguji coba Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) Trafic Light di perempatan jalan Gerliya Kota Banjarmasin, Senin (08/01/2024).

Tak hanya uji coba, pihaknya pun bersama Dishub Kalsel dan Satlantas Polresta Banjarmasin turut menaosialisasikan  APILL tersebut.

Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Jalan Dishub Banjarmasin, Taufikurahman mengatakan, uji coba dan sosialisasi ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan.

"Dan ini bertujuan untuk masyarakat tahu sebelum Traffic Light tersebut aktif secara permanen,"ungkapnya, Senin (08/01/2024).

"Karena ini jalan Provinsi di Jalan Lingkar dalam dan Jalan Gerliya, dalam melaksanakan uji coba ini untuk penguraian dan sosialisasi bahwa Trafic Light sudah mulai di fungsikan di simpang empat Jalan Gerliya ini," ujarnya lagi.

Dirinya bilang, dengan uji coba dan sosialisasi dilakukan, masih banyak terdapat titik-titik kemacetan yang terlihat.

"Dari jam 7 pagi sampai dengan jam 8 pagi uji coba, kebetulan ini di jam sibuk atau di rawan kepadatan masyarakat terutama dari pelajar yang melakukan aktivitas pergi ke sekolah dan yang berangkat kerja," katanya.

Dominan terjadi kemacetan paparnya, yakni di arah Kelayan maupun dari arah Beruntung Jaya.

"Jadi mungkin nanti kita perpanjang waktu Trafic Light dari kedua sisi jalan tersebut, tuturnya.

"Untuk hasil evaluasi sementara, ia masih belum bisa menjelaskan, karena masih perlu pembenahan strategi mengatur fase yang cocok ketika antrean terdeteksi," pungkas Taufik.

Terpisah, KBO Kaur Bin Ops Satlantas Polresta Banjarmasin, Iptu Sunaryanto mengatakan keberadaan Trafic Light ini diharapkan mampu menjawab keresahan masyarakat khususnya soal kemacetan di simpang empat jalan Gerliya.

"Semoga dengan difungsikan Trafic Light di perempatan Gerliya ini warga masyarakat juga akan jadi lebih nyaman dan dengan aturan alat peraga digunakan dan terciptanya aman budaya tertib berlalulintas khususnya di jalan gerliya ini," harapnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya