Diterpa Angin Kencang, Pohon Tua Tumbang Timpa Mobil Kawasan Jalan Kamboja

hallobanua.com, BANJARMASIN - Hujan deras disertai angin kencang pada Senin (22/01/2024) siang, mengakibatkan tumbangnya pohon tua di Jalan Anang Adenansi (Kamboja), Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, sekitar pukul 14.30 Wita

Nahasnya, pohon tumbang tersebut menimpa sebuah mobil yang terparkir tepat di samping Rumah Makan Ayam Goreng Kalasan.

Dari pantauan media ini, patahan besar pohon itu tepat menimpa mobil jenis city car berplat DA1842 IG. 

Selain itu, beberapa buah kendaraan roda 2 ikut tertimpa batang pohon yang tumbang tersebut.

Akbar Utomo Setiawan, ayah pemilik mobil tersebut menuturkan, awalnya mobil anaknya tersebut berada di tempat parkir rumah makan miliknya.

"Karena biasa disitu tempat parkir kita, sampingnya itu ada pohon yang memang sudah lama miring," ungkapnya kepada awak media, Senin sore (22/01/2024).

Saat kejadian, ujarnya kondisi mobil terparkir dalam keadaan kosong. Saat terpaan angin kencang, dalam hitungan detik pohon pun tumbang menimpa mobil miliknya.

"Jadi kaca depan pecah itu dan  penyok ketindihan pohonnya. Kalau pohon ini tentunya lama, kalau melihat dari batangnya dan akarnya yang lapuk. Dan besarnya pun kurang lebih sekitar 10 meter," beber pria yang menjabat sebagai Ketua Kadin Kota Banjarmasin itu.

Padahal sebelumnya kata dia, pihaknya telah beberapa kali meminta agar pohon tersebut segera ditebang. Mengingat kondisi pohon yang sudah tua dan miring.

"Kita pernah coba juga mau memotong sendiri, tetapi ternyata tidak boleh. Jadi harus pihak pemko yang memotong," pungkasnya.

Sementara itu, Personel BPBD Kota Banjarmasin, Hanafi menuturkan proses evakuasi batang pohon memakan waktu kurang lebih 30 menit.
"Laporan tadi masuk jam 14.29 Wita ada pohon tumbang menimpa mobil. Kemungkinan pohon ini tumbang karena pohon sudah tua," ujarnya.

Dirinya pun menghimbau masyarakat agar tidak berteduh di bawah pohon jika terjadi angin ksncang dan hujan deras.

"Untuk warga kota, kalau cuaca tidak bersahabat, agar berteduh di tempat yang kokoh. Jangan di bawah pohon atau reklame," pungkasnya.

Jenis pohon yang tumbang tersebut diketahui berjenis Angsana. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya