Dua Pekan Penataan Pasar Pagi Minggu, Jalan Lambung Mangkurat Lengang, Pejalan Kaki Merasa Nyaman

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sudah 2 pekan ini Pemerintah Kota Banjarmasin melakukan giat Penataan Pasar Pagi Minggu di Jalan Pasar Baru dan Brigjen Katamso, di Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Melalui Dinas Perdagin Banjarmasin bersama UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin dan jajaran terkait, penataan dilakukan baik dari lokasi para pedagang hingga kantong parkir di kawasan tersebut.

Sebelumnya diketahui, Jalan Katamso ini dijadikan lahan PKL untuk berjualan padahal jalan ini di peruntukan untuk Parkir.

Tapi setelah adanya penataan ini, para PKL diminta bergeser agar jalan Katamso yang semestinya untuk parkir bisa digunakan untuk pengunjung memarkirkan kendaraannya.

Fitriyani, salah satu warga Banjarmasin Barat mengaku senang beberapa minggu ini kawasan Jalan di Lambung Mangkurat lengang.

"Sekarang kalau minggu pagi itu sudah lengang, jadi lebih leluasa berkendara," ungkapnya ketika di wawancara hallobanua.com, Jumat (26/01/2024).

Perempuan 27 tahun itu bercerita, biasanya kawasan tersebut padat bahkan parkir motor dan mobil sampai ke tengah jalan. Hal itu ujarnya membuat macet dan susah dilewati untuk berkedara. 

"Kalau dulu itu lewat sini pasti macet sekali, susah lewat kalau pakai motor. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah lancar," ujarnya.

Ia pun berharap, kondisi ini akan terus berlanjut demi kelancaran lalu lintas di kawasan tengah Kota Banjarmasin itu.

Sementara itu, Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Banjarmasin, Umar mengatakan, untuk 2 pekan ini lokasi jalan Lambung Mangkurat sampai dengan Jalan RE Martadinata yang sebelumnya penuh dengan motor yang memarkirkan kendaraannya, sekarang tidak ada lagi terlihat motor yang memarkirkan kendaraannya di jalan.

Dengan clearnya  area jalan Jambung Mangkurat sampai Jalan RE Martadinata akan memudahkan pengguna pejalan kaki untuk beraktivitas seperti olah raga, lari, jalan santai sampai bersepeda.

Untuk pengunjung pasar pagi kata dia, tidak perlu bingung untuk memarkirkan kendaraannya. Karena Pemko telah menyediakan 3 titik kantong parkir utama yaitu ada di daerah Pasar Baru melalui Harum Manis, kemudian Pasar Malabar dan Jalan Niaga.

Sedangkan di kawasan BNI pihaknya juga akan tetap menyediakan lokasi parkir bagi pengunjung Pasar Minggu Pagi dari samping BNI BNI – Eks Toko Bobo, di Jalan Katamso dari samping Kantor KPP Pratama – Gapura selamat datang dan juga di kawasan Jalan Lambung Mangkurat, juga ada beberapa kantong parkir lain.

"Seperti bisa di Pizza Hut, bisa di Arjuna ataupun di Sambal Acan, cuman mungkin untuk disitu terbatas," pungkasnya.

Pihaknya pun berharap, dengan telah dilaksanakannya penataan ini, kondisi serupa bisa terus dijaga demi kenyamanan bersama baik pedagang, pengunjung dan seluruh masyarakat pengguna jalan.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya