Tak Dilengkapi IPAL, RPU Modern Belum Bisa Beroperasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin telah rampung membangun Rumah Potong Unggas (RPU) modern di kawasan Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih, di Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Dua gedung RPU modern yang dibangun pada 2023, oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin itu menghabiskan anggaran sekitar Rp1,9 Miliar.

Tak cuma itu, 2 unit alat pemotong unggas modern yang mencapai Rp3,5 miliar itu juga turut beli melengkapi fasilitas di RPU modern.

Namun, menurut Kepala DKP3 Banjarmasin, Yuliansyah Efendi, RPU modern dengan total biaya Rp5,4 Miliar belum bisa digunakan sampai sekarang dikarenakan masih ada sarana dan prasarana yang belum dilengkapi.

"Terutama Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang belum ada. Jadi pemotongan disana masih secara tradisional," ungkapnya pada Jumat (26/01/2024).
 

Lantas, untuk melengkapi IPAL di RPU, pihaknya tidak memiliki anggaran akibat adanya refocusing sekitar Rp7 Miliar.

Rencananya, pihaknya bakal melengkapi fasilitas itu di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni tahun 2024 ini.

"Tapi karena ada refocusing, kita cari cara lain atau diusulkan kembali di APBD Perubahan," ujarnya.

Disisi lain, Yuliansyah sebenarnya ingin keberadaan RPU modern itu sebagai penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Banjarmasin.

Sedikitnya ada 10.000 unggas yang masuk di RPU. Namun berdasarkan perhitungan jajarannya, setidaknya ada 50.000 unggas dipotong di Banjarmasin.

"Nah, selisih dari itu ada sekitar 40.000 yang bisa jadi potensi PAD tatkala kita arahkan semuanya ke RPU modern ini,” pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya