Inflasi Kota Banjarmasin Tahun 2023 Berada Dibawah Angka Nasional

hallobanua.com, BANJARMASIN - Angka inflasi Kota Banjarmasin pada tahun 2023 kemarin berada di bawah angka inflasi nasional.

Sekretaris Daerah Banjarmasin, Ikhsan Budiman, membeberkan, selama tahun 2023 tadi, inflasi kota Banjarmasin berada di angka 2,28 persen. 

"Sebelumnya sempat ada kekhawatiran inflasi kita tinggi, tapi ternyata angka kita dibawah angka inflasi nasional yang mencapai 2,61 persen selama tahun 2023," ungkap Sekda Banjarmasin itu, Kamis (25/01/2024).

Namun ternyata, inflasi kota Banjarmasin dibawah angka nasional. Hal ini menurutnya, berkat antisipasi yang dilakukan jajaran Pemko Banjarmasin yang telah melakukan upaya seperti memastikan pasokan barang dan pengendalian harga bahan pokok. 

"Termasuk inovasi yang dibuat, salah satunya aplikasi Deteksi Dini Kendali Inflasi (Dedikasi) Baima milik Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin)," ujarnya.

Selanjutnya, untuk tahun 2024 ini, pihaknya telah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pelaksanaan Program dan Kegiatan Pengendalian Inflasi di Kota Banjarmasin Tahun 2024. Tepatnya pada hari Rabu (24/1/2024) kemarin di Balai Kota.

"Kita tetap sejalan dengan instruksi Presiden dan Kemendagri. Ada 9 poin langkah yang harus dilakukan. Seperti pemantauan harga tetap dilakukan," jelas Ikhsan Budiman.

Kemudian, beberapa komoditas yang menjadi pendorong inflasi tentu juga menjadi perhatian, seperti ikan gabus.

"Padahal itu potensi bagus bagi kita. Tapi malah mendorong inflasi. Itu yang harus lakukan penanganan," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya