Jelang Pemilu, Polda Kalsel Gelar Deklarasi Damai

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melaksanakan apel gelar pasukan dan deklarasi pemilu damai 2024 di Halaman Balai Kota. Rabu sore (10/1/2024).

Dari pantauan di lapangan, acara yang tetap berlangsung ditengah guyuran hujan tersebut turut dihadiri juga oleh komunitas BPK, Balakar, Ojol, dan Masyarakat umum. 

Selain deklarasi pemilu damai, dalam kegiatan tersebut juga digelar Bakti Sosial (Baksos), Bakti Kesehatan (Bakkes), UMKM, dan Pasar Murah. 

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto mengatakan dengan dilaksanakannya deklarasi pemilu damai bersama berbagai elemen masyarakat tersebut dapat menciptakan situasi yang aman dan damai pada Pemilu serentak di Kalsel. 

"Kita mengajak masyarakat agar menciptakan iklim berpolitik yang sejuk sehingga dapat terselenggara pemilu yang adil, jujur, dan demokratis," ucap Kapolda Kalsel didampingi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. 

Kapolda juga mengungkapkan bahwa mendekati tahapan tahapan utama pada pemilu serentak 2024, intensitas kegiatan politik tentu akan semakin meningkat dan berpotensi menimbulkan dampak pada seluruh aspek masyarakat. 

Ia melanjutkan ada beberapa hal yang menjadi perhatian dan diantisipasi melalui deklarasi pemilu damai oleh pihaknya yaitu polarisasi dari adanya hoax, hate speech maupun penyebaran isu SARA yang dapat menyebabkan konflik sosial. 

"Untuk mengantisipasi serta menangani berbagai potensi kerawanan selama maupun pasca pemilu serentak, Polri dibantu unsur TNI dan Pemangku Kepentingan menggelar operasi kepolisian terpusat selama 222 hari yaitu Mantap Brata 2023-2024 terhitung 19 Oktober 2023 hingga 19 Oktober 2024," terangnya. 

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut Polda Kalsel Melalui Polresta Banjarmasin dalam kegiatan baksos menyalurkan sebanyak 1.000 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu. 

Selain itu, ada sebanyak 50 bazar UMKM dan pasar murah yang menyediakan 1.500 paket kebutuhan pokok serta kegiatan Bakkes berupa donor darah dan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. 

"Semoga dengan adanya kegiatan Baksos dan Bakkes ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat," harapnya. 

"Saya berharap kegiatan bernilai positif ini daoat terus dilaksanakan guna memberikan pengabdian yang terbaik kepada seluruh masyarakat banua," pungkasnya.

Penulis krisna
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya