Kunjungan Wisatawan Meningkat, Dispar Kalsel Pinta Pengelola Wisata Terapkan CHSE

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) pastikan bakal terjadi lonjakan kunjungan wisatawan tahun baru 2024 di setiap destinasi. 

Untuk menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan, Dispar Kalsel meminta seluruh pengelola destinasi untuk menerapkan protokol CHSE, atau yang biasa dikenal Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kalsel, Mugeni menghimbau agar wisatawan cermat memilih destinasi yang memenuhi kategori CHSE. 

Menurutnya, hal itu dilakukan agar momen libur tahun baru bisa dinikmati dengan rasa aman, nyaman dan menyenangkan.

“Yang paling utama bisa diperhatikan yaitu pengelolaan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Misalnya kebersihan area destinasi, adanya fasilitas kesehatan, keamanan tempat wisata, dan kelestarian lingkungan destinasi wisata,” ujarnya pada akhir pekan lalu.

Dikatakannya, kebersihan destinasi wisata mencakup kegiatan mencuci tangan dengan sabun atau memakai penyanitasi tangan, menyediakan sarana untuk mencuci tangan, serta membersihkan barang atau ruang publik pakai desinfektan atau cairan lainnya.

“Selain itu, kriteria lainnya ialah memastikan lokasi bebas dari binatang serta vektor yang berpotensi membawa penyakit. Kemudian membersihkan toilet, memastikan peralatan toilet lengkap, dan memastikan kebersihan tempat sampah,” ujarnya.

Kemudian, terkait kriteria aspek kesehatan meliputi ketersediaan peralatan kesehatan sederhana, memastikan pengelolaan minuman serta makanan higienis dan bersih. 

"Dan juga pastikan sirkulasi udara bagus serta siap menangani apabila wisatawan mengalami gangguan kesehatan di area wisata. Selanjutnya tentang keselamatan, aspek ini mencakup kesiapan tata cara penyelamatan diri dari bencana, titik kumpul bencana, serta jalur evakuasi dan tersedianya kotak P3K serta alat pemadam kebakaran," tuturnya.

Berkaitan dengan kelestarian lingkungan destinasi wisata, tak luput jadi perhatian jajarannya.

Aspek ini mencakup pemantauan dan evaluasi penerapan panduan serta SOP pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

"Pihak pengelola harus menggunakan peralatan serta bahan ramah lingkungan, memanfaatkan sumber energi dengan efisien, mengelola limbah cair serta sampah dengan sehat, tuntas, serta ramah lingkungan, serta memastikan keadaan lingkungan sekitar nyaman dan asri," pungkasnya.

Terakhir, Mugeni mengatakan jika sudah banyak destinasi yang telah menerapkan protokol CHSE dan menjadi pilihan destinasi wisata keluarga di antaranya Tahura Mandiangin, Gunung Batu, Kiram Park, dan Amanah Borneo park. Selain itu, situs-situs Geopark Meratus juga bisa menjadi pilihan wisata libur tahun baru.

"Alhamdulillah, objek wisata Kalsel pasca pendemi mengalami peningkatan signifikan," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya