Pemko Banjarmasin Terus Upayakan Hak Bagi Pejalan Kaki

hallobanua.com, BANJARMASIN - Momen Hari Pejalan Kaki Nasional jatuh pada 22 Januari 2024 ini menjadi komitmen bagi Pemko Banjarmasin untuk memberikan hak sepenuhnya bagi pejalan kaki, salah satunya melalui pembangunan trotoar.

"Dan itu dimanfaatkan oleh warga untuk berjalan kaki. Apalagi kalau pagi atau sore dimanfaatkan oleh warga berolahraga," ungkap Ibnu Sina di Balai Kota Banjarmasin, Senin (22/01/2024).

Meski begitu, dirinya tak menampik jika masih ada beberapa titik yang masih disalahgunakan.

"Apakah dengan parkir mobil sembarangan. Jadi kita minta Dishub untuk bisa melakukan pengawasan, apabila ada pelanggaran langsung derek saja," tegasnya.

Tak hanya itu, ia juga mengakui masih adanya beberapa jalan yang belum terakses. Baik terpotong badan jalan atau terpotong sungai.

"Tapi itu kita usahakan bisa ditangani, tapi bertahap. Karena tahun ini rencana dibangun trotoar disepanjang Jalan Samudera atau Masjid Noor," katanya.

Diketahui, sampai saat ini setidaknya sudah ada sekitar beberapa kilometer pedestrian untuk para pejalan kaki. Salah satunya yakni di kawasan Jalan A Yani Kilometer 1 sampai 5 di sisi kiri dan kanan jalan.

Lantas, pihaknya pun berencana akan menambah kurang lebih 8 kilometer lagi pedestrian jalan untuk pejalan kaki pada tahun 2024 ini.

"Kalau total kan saat ini kurang lebih 10 kilometeran. Jalan A Yani saja kiri-kanan itu 5 kilometer. Kemudiam kawasan Kayutang dan dalam kota seperti kawasan Kotalama (Bandarmasih Tempo Doloe). Intinya agar nyaman untuk pejalan kaki," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya