Siap-siap! Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Akan Dilaksanakan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin memastikan membuka kembali pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 ini.

Meskipun ada berapa kuota lowongannya belum bisa diketahui, Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKD) Kota Banjarmasin pun hingga kini masih mengumpulkan berkas usulan dari dinas.

Kepala BKD Diklat Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengatakan, dapat dipastikan penerimaan CPNS tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu.

Hal itu melihat jumlah pensiunan ASN tahun 2023 ada 300 orang. Tentu kata dia kekosongan pegawai yang tersebar di semua SKPD itu harus segera diisi menyesuaikan yang sudah pensiun.

"Jika tahun 2023 CPNS hanya mencapai 270 orang, maka tahun 2024 ini kemungkinan besar ada 300 lebih menyesuaikan mengganti yang pensiun ditambah usulan dari SKPD," ungkap Totok Senin (22/01/2024).

Meskipun Totok yakin lebih dari tahun lalu, namun jumlah formasi katanya masih menunggu kebijakan pemerintah pusat yang akan dikeluarkan setelah berkas pengusulan dari Pemko Banjarmasin diserahkan.

Totok pun mengaku bahwa pihaknya kini masih proses menunggu pengumpulan berkas usulan dari SKPD. 

Lantas, dari jumlah usulan itu, nanti bisa dilihat berapa keseluruhan kebutuhan pegawai di tahun 2024 ini.

"Setiap SKPD usulan formasinya berbeda-beda dan berkasnya itu kita tunggu paling lambat 31 Januari ini. Setelah terkumpul datanya kita rangkum dan kita usulkan ke Kementrian PANRB, dan menunggu keputusan pusat," ujarnya.

Totok juga mengatakan bahwa penerimaan PPPK tahun ini juga bakal lebih banyak lagi bila dibanding tahun 2023 lalu. 

Akan tetapi, dirinya masih tidak bisa juga menyebut berapa jumlahnya, hanya saja ia menginformasikan bahwa rekrutmen PPPK diprioritaskan untuk yang sudah honorer di Pemko Banjarmasin. 

"Jumlah rekrut PPPK juga lebih banyak ketimbang CPNS," jelasnya.

Kemudian, pembukaan pendaftaran CPNS itu rencananya akan dimulai pada bulan April mendatang sementara untuk PPPK di bulan Juni 2024.

"Pendaftaran akan dibuka April untuk PNS tapi PPPK bulan Juni. Ini masih usulan belum ditetapkan Menpan," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya