Penyakit DBD Mulai Meningkat, Komisi 2 DPRD Tala Sarankan Dinkes Galakkan 3M Plus

            Ketua Komisi II DPRD Tanah Laut
                            H Junaidi SKM

hallobanua.com, PELAIHARI - Kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Tanah Laut saat ini mulai meningkat.

Hal tersebut turut menjadi pembahasan penting pada rapat kerja antara Komisi 2 DPRD Tala dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala belum lama tadi.

Ketua Komisi II DPRD Tala H Junaidi SKM mengatakan pada rapat tersebut pihaknya meminta keterangan atau penjelasan tentang penanganan pencegahan dan pengendalian penyakit menular. Khususnya penyakit DBD.

Selain itu juga dibahas persiapan operasional fasilitas kesehatan yang telah selesai dibangun pada tahun 2023, khususnya RSUD di Kecamatan Bumi Makmur.

Kemudian membahas hal-hal lain yang dianggap perlu dari hasil keterangan tersebut yaitu adanya peningkatan kasus DBD pada bulan November 2023.

"Kalau dibandingkan bulan yang sama tahun 2022 yaitu ditemukan kasus DBD positif 98 kasus," sebut Junaidi, Jumat (26/1/2024).

Sedangkan total kasus DBD positif selama tahun 2023, sebut Jundiai, sebanyak 196 kasus pada rentang waktu Januari hingga November.

Dari hasil rapat tersebut Komisi 2 DPRD Tala menyarankan lebih ditingkatkannya pemantau penyakit menular, khususnya penyakit DBD.


Lebih diutamakan untuk pencegahannya atau preventif yaitu dengan cara menggalakan lagi 3M plus, abatisasi selektif, gerakan massal pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Terutama di daerah endemis DBD.

Selain itu pentingnya penanganan penderita tersangka DBD dengan baik. Kemudian melakukan promosi dan penyebaran informasi secara luas tentang penyakit DBD.

Fookusnya antara lain mengenai bagaimana cara pencegahan dan tindakan qpabila anggota keluarga ditemukan ditemukan tersangka DBD.

Sumber : Banjarmasinpost
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya