Relawan Buka Posko Haul Guru Sekumpul di Kawasan Pelabuhan Trisakti

hallobanua.com, BANJARMASIN - Para jemaah dari luar Kalimantan Selatan sudah mulai berdatangan untuk hadir ke peringatan Haul ke 19 KH Muhammad Zaini bin H Abdul Ghani atau yang lebih dikenal Abah Guru Sekumpul di Martapura.

Bahkan, dari pantauan Kamis (11/01/2024) tadi malam di kawasan Pelabuhan Trisakti, di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, ratusan orang sudah mulai berdatangan melalui transportasi laut.

Hal itu pun membuat warga di kawasan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, mendirikan posko untuk membantu mengantar jemaah dari luar pulau Kalimantan itu ke Martapura.

Salah seorang relawan di zona 7, Muhammad Noor mengatakan jika posko sudah didirikan sejak Sabtu, 6 Januari 2023 kemarin dan akan berlangsung hingga pelaksanaan haul selesai.

"Sampai saat ini sudah ada lebih 44 orang jemaah haul Guru Sekumpul yang datang dari luar Kalimantan dan diantarkan ke sekumpul," katanya, Kamis malam (11/1/2024) malam. 

Posko Relawan Sekumpul Zona 7 itu kata dia beranggotakan sekitar 42 orang relawan yang kebanyakan dari warga sekitar pelabuhan.

Jemaah yang datang dari berbagai daerah seperti Demak, Banten, Tanggerang, Tasikmalaya, Lamongan, dan Sumenep pun langsung diarahkan ke posko zona 7.

"Hari ini kami juga kedatangan sekitar 77 orang dari Kepulauan Riau," paparnya lagi.

Sebelumnya, dari awal didirikan pihaknya sudah mengantarkan beberapa jemaah haul yang diantarkan ke Sekumpul.

"Tidak terhitung, meski yang datang cuma dua orang, pasti langsung kita antarkan ke daerah Sekumpul," akunya.

Hal itu pun dirasa sangat membantu para jemaah yang satang dari luar Kalimantan. Misnur salah satunya, jemaah dari Kepulauan Riau itu menyebut ini kali pertamanya ia menginjakkan kaki di Kota Banjarmasin. 

Kedatangan jemaah 48 tahun tersebut memang bermaksud ingin menghadiri acara haul ulama kharismatik berasal dari Kalimantan Selatan itu.

"Kami rombongan. Ada 70 orang lebih. Dari Tembilahan, Jambi. Semuanya dari Kepulauan Riau," ujarnya. 

Ia mengharapkan agar kedatangan rombongannya ini dapat menambah berkah untuk Kalimantan Selatan, serta para jemaah yang berhadir di haul tersebut.

Diketahui, para jemaah yang datang tersebut kemudian diantarkan ke tempat penginapan gratis yang sudah dikoordinasikan oleh panitia, sehingga tidak ada jemaah yang terlantar

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya