Update Covid, di Banjarmasin 11 Orang Terkonfirmasi Positif

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Baru memasuki awal tahun 2024, penularan virus Covid-19 mulai bertambah di Kota Banjarmasin.

Disebutkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Tabiun Huda, di Kota Seribu Sungai ini sudah ada 11 kasus yang terkonfirmasi covid.

"Laporan kasus perkembangan Covid-19 Banjarmasin per hari Senin, 1 Januari 2024 kemarin, kasus Konfirmasi 11," ungkap Kadinkes melalui pesan singkat WA, Selasa (02/01/2024).

Kembali munculnya penyebaran kasus Covid-19 tentu harus diwaspadai semua pihak dan warga Kota Banjarmasin.

Menurutnya, jika hal ini tidak diwaspadai maka bisa saja terus meningkat.

"Kita tetap waspada, warga diimbau kembali mengurangi aktivitas yang tidak penting dan kembali memakai masker," ujarnya.

Lalu, bagaimana kesiapan Kota Banjarmasin terhadap ancaman virus Covid-19 yang pernah banyak menyebabkan kematian di kota ini.

Kadinkes Banjarmasin mengatakan bahwa Banjarmasin sudah memiliki pengalaman dan tentu siap untuk menghadapi jika sewaktu-waktu kasus Covid meningkat.

"Banjarmasin sudah memiliki pengalaman menghadapi covid. Artinya kita sudah siap untuk penanganan virus ini, mulai alat dan nakes sudah berpengalaman," tegasnya.

Tak hanya itu, ia juga menghimbau agar warga jangan panik dengan varian baru yang saat ini mulai menyebar tentu memiliki daya resiko yang lebih ringan. Karena sudah beregenerasi sejak 2019 lalu.

Namun gejala yang dialami oleh penderita tidak jauh berbeda dengan varian yang ada terdahulu, seperti batuk, sesak nafas.

"Covid semakin beregenerasi semakin lemah, tapi gejalanya masih ada seperti batuk, sesak napas, demam dan lainnya. Tidak seperti varian alpha atau delta yang dulu, yang kalau tertular bisa menyebabkan kematian," jelasnya.

"Indonesia saat ini memasuki masa endemi bukan lagi pandemi. Dimana pandemi itu menyeluruh dan mematikan. Sekarang virus itu banyak tapi tidak mematikan," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya