CSIRT Banjarmasin: Komando Terpusat untuk Tangkal Serangan Siber

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin bekerja sama dengan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) menggelar Workshop Pembentukan & Pengelolaan Tim Tanggap Insiden Siber atau CSIRT di lingkup pemerintah kota Banjarmasin, pada Selasa (20/02/2024) kemarin.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman dan, turut dihadiri Kabid Statistik Persandian Satria Yudha Lesmana, Kabid Informasi Publik Hj Nurbaiti, (Manggala Informatika Ahli Muda Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemda, BSSN) Melita Irmasari, (Sandiman Ahli Muda) Sri Boentaran Darmo selaku narasumber beserta jajaran.

Pada kesempatan itu, Ikhsan menuturkan di zaman yang serba digital saat ini ancaman serangan siber yang bersifat kompleks harus menjadi perhatian khusus, baik oleh individu, institusi maupun organisasi pemerintahan.

"Perlu upaya kolektif kita bersama untuk meningkatkan keamanan siber di lingkungan pemerintah kota Banjarmasin, termasuk upaya pencegahan sedini mungkin," ujarnya disela-sela arahan.

"Apalagi kini email, sosial media yang kita kelola itu dapat dikategorikan sebagai aset berharga yang sewaktu-waktu bisa saja rentan dibobol, dicuri atau dirusak oleh hacker," sambungnya.

Lantas, Ikhsan menyebut langkah pembentukan tim insiden siber (CSIRT) tersebut dinilai penting untuk merangkul dan membekali para peserta dalam upaya mewujudkan keamanan siber di lingkup pemerintah kota Banjarmasin.

"Dibentuknya tim tanggap insiden siber ini, diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam menangkal ancaman siber yang mungkin terjadi di masing-masing SKPD," beber Ikhsan.

"Semoga lewat workshop ini dapat menghasilkan tim tanggap insiden yang terampil, profesional, tangguh dan mampu memberi perlindungan dari adanya ancaman siber," tandasnya.

Peserta workshop tersebut terdiri dari para agen siber yang ada di seluruh OPD Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Peran agen CSIRT - Banjarmasin :
• Pemantauan keamanan sistem elektronik di masing-masing SKPD
• Inventarisasi aset dan risiko di masing-masing SKPD
• Penanganan insiden siber di lingkup SKPD atau eskalasi penanganan insiden siber ke CSIRT - Banjarmasin
• Pelaporan insiden siber ke CSIRT - Banjarmasin
• Literasi/edukasi terkait keamanan siber di internal SKPD
• Berbagi informasi terkait keamanan siber di lingkup Pemko Banjarmasin.

Penulis : tim liputan
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya