Ribuan Relawan Damkar Telah Tercover BPJS Ketenagakerjaan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sebanyak 3.200 lebih Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Kota Banjarmasin saat ini sudah dilindungi asuransi BPJS Ketenagakerjaan.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, jumlah tersebut terdata dari aplikasi E-Damkar milik Pemko Banjarmasin.

"Kalau tidak salah ada hampir 350 damkar yang terdaftar, dengan anggota variatif mulai dari 10 sampai 20 orang," ujarnya aaat di wawancara di Kecamatan Banjarmasin Barat, Selasa (06/02/2024).

Meski begitu, Ibnu bilang tentunya ada kriteria untuk relawan damkar yang tercover BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

"Di satu unit damkar itu, ada kriteria usia diatas 17 tahun. Kalau ada anggotanya dibawah itu, tidak dilindungi BPJS. Yang kita lindungi itu, berusia diatasnya," jelasnya.

Sebenarnya ujar Ibnu, jumlah keseluruhan anggota damkar di Kota Seribu Sungai adalah hampir 5000 an. Namun karena dibatasi, lantas yang tercover hanya 3000 an lebih. 

Orang nomor 1 di Kota Baiman itu pun berharap, meski petugas damkar telah dicover BPJS, para driver dari masing-masing unit diharapkan dapat terus menjaga keselamatan dalam bertugas.

"Seperti para driver wajib memiliki SIM A, hingga pelatihan untuk peningkatan SDM yakni peningkatan kemampuan seperti lomba ketangkasan, agar tidak terjadi kecelakaan kerja," pungkas Ibnu.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya