Seleksi Paskibraka Kota Banjarmasin Telah Dimulai

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman membuka seleksi calon Paskibraka kota Banjarmasin tahun 2024, di Aula Kayuh Baimbai, Kamis (29/02/2024).

Kegiatan juga langsung dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin, H Lukman Fadlun, Kepala BKD Diklat Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Banjarmasin, Madyan beserta jajaran terkait.

Dalam kesempatan itu, Ikhsan mengatakan jika kegiatan tersebut sebagai bagian dari persiapan peringatan Proklamasi pada hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyaring potensi siswa-siswi SMA /SMK/MA Negeri dan Swasta sederajat Se-kota Banjarmasin, khususnya dalam hal keterampilan baris berbaris," ungkap Ikhsan, Kamis (29/02/2024).

"Kemudian, nantinya beberapa dari yang terpilih di tingkat kota Banjarmasin juga akan diikutsertakan dalam seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi maupun tingkat nasional sebagai wakil dari kota Banjarmasin," tambahnya.

Ia juga mengingatkan para peserta untuk menyiapkan mental, fisik dan kesehatan selama seleksi berlangsung.
"Kami juga berpesan Kesbangpol kota Banjarmasin beserta tim seleksi agar dapat betul - betul selektif dan adil dalam penyeleksian calon paskibraka," ujar Ikhsan Budiman.

Sekda pun berharap, siswa-siswi yang terpilih nantinya dapat menjadi contoh teladan dalam kehidupan sehari- hari, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

"Dengan menerapkan segala potensi, ilmu pengetahuan, serta pendekatan sosial dan budaya yang diterima selama mengikuti pelatihan dan pembinaan Paskibraka," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol kota Banjarmasin sekaligus ketua panitia seleksi Paskibraka kota Banjarmasin, H Lukman Fadlun menyebutkan, ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh para peserta baik siswa-siswi sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah sederajat sekota Banjarmasin.

"Peserta yang mendaftar sebanyak 297 peserta. Terdiri 168 putra 129 putri, yang lolos seleksi administrasi sebanyak 198 peserta dan yang hadir disini terdiri dari 126 putra dan 72 putri. Selanjutnya peserta akan mengikuti beberapa tahapan seleksi dengan sistem gugur ini," paparnya.

Rangkaian kegiatan seleksi akan dimulai hari ini sampai dengan tanggal 5 Maret 2024.

"Setelah itu dari 198 peserta akan terpangkas tiap tahapannya hingga diakhir akan menjadi 30 orang saja, 15 putra dan 15 putri," ujarnya.

Ia berharap semua peserta dapat menjalankan tes seleksi tersebut dengan sungguh sungguh karena tiap siswa/i memiliki kesempatan yang sama untuk lolos.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya