Di Kalsel Besok Bakal Terjadi Fenomena Langka Gerhana Bulan Penumbra

hallobanua.com, BANJARMASIN - Gerhana Bulan Penumbra (GBP) bakal terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Fenomena alam yang sangat langka ini bakal terjadi pada Senin (25/03/2024) besok.

Kepala Stasiun Meteorologi (Stamet) Syamsudin Noor, Karmana mengatakan, gerhana bulan ini merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 
Ia mengatakan, Gerhana Bulan Penumbra terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini membuat Bulan hanya masuk ke bayangan penumbra Bumi.

"Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, cahaya bulan akan terlihat lebih redup dari saat purnama," ungkap Karmana, pada Minggu (24/03/2024) siang.

Meski begitu, dirinya mengungkapkan, Kalsel termasuk wilayah yang tidak bisa mengamati seluruh fase Gerhana Bulan Penumbra ini, lantaran posisi bulan masih di bawah horizon saat peristiwa itu terjadi.


"Karena fase gerhananya terjadi pada siang hingga sore hari, sehingga kita tidak bisa melihat secara mata telanjang. Pasalnya, untuk wilayah Kalsel, fase Gerhana Bulan Penumbra ini dimulai pada pukul 12.50.58 WITA," jelasnya.

Kemudian, dari data BMKG, puncak gerhana pada pukul 15.12.48 WITA, dan berakhir pada pukul 17.34.38 WITA.

"Kalau ditotal Gerhana Bulan Penumbra ini akan terjadi selama 4 jam 43 menit 39 detik," paparnya. 

Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 14 Maret 2006. 

"Fenomena ini termasuk sangat langka, sebab Gerhana Bulan Penumbra berikutnya akan terjadi pada 5 April 2042, yang juga akan dapat diamati dari Indonesia, termasuk Kalsel," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya