Dukung Kelancaran Arus Mudik Lebaran, KSOP Siapkan 5 Armada Kapal Penumpang

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kementerian Perhubungan RI memprediksi arus mudik Lebaran 2024 akan mengalami lonjakan dibandingkan dengan tahun 2023 lalu. 

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran tahun ini, berbagai persiapan pun dilakukan KSOP Kelas I Banjarmasin, seperti pengecekan terhadap armada kapal penumpang.

"Kita mempersiapkan sebanyak 5 armada kapal penumpang untuk mengangkut warga yang akan mudik dari Banjarmasin ke Surabaya," ungkap Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Agustinus Maun, Rabu (27/03/2024).

Lima kapal penumpang tersebut yakni KM Dharma Rucitra 1, Dharma Kartika 2, Mila Utama, Hai Da, dan KM Niki Sejahtera. Dimana rata-rata memiliki daya tampung dari 416 hingga 762 jiwa.

Ia juga memperkirakan bahwa arus mudik pada tahun 2024 ini akan lebih meningkat di bandingkan tahun sebelumnya.

Prediksi secara nasional dari Kementerian Perhubungan bukan hanya di pelabuhan Tri Sakti, yang mengalami kenaikan sebesar 17 persen dari tahun lalu.

"Kalau di tahun sebelumnya jumlah Penumpang itu ada 40.780, di tahun ini di prediksi bisa mencapai 47.712 penumpang," bebernya.

Meski demikian, pihaknya akan melakukan serangkaian strategi agar bisa mengantisipasi dan tidak terjadi lonjakan arus mudik maupun arus balik yang signifikan. 

"Lonjakan akan terjadi dalam beberapa tahap. Pertama kemungkinan pada H-1 cuti bersama. Lalu lonjakan kedua yakni 2 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, kemungkinan di tanggal 7 atau 8 April," tuturnya. 

"Kalau untuk arus balik kita prediksi akan terjadi lonjakan pada H+3 lebaran atau tepatnya pada 15 April 2024," sambungnya lagi.

Lantas apa yang membuat angkutan laut terjadi lonjakan di lebaran tahun 2024 ini?Menjawab hal tersebut, Kabag Humas KSOP Kelas I Banjarmasin, Deni Hendra Mulyadi bilang jika fasilitas angkutan laut yang sudah sangat bagus yang menjadi faktor lonjakan. 

"Selain fasilitas yang sangat baik, salah satu faktor kenapa bisa melonjak, yakni kapal laut saat ini merupakan transportasi favorit masyarakat kita, selain harga yang relatif murah keamanan juga terjamin," terangnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya