Hilal Tak Terlihat, 1 Ramadan 1445 H Masih Tunggu Sidang Itsbat Kemenag RI

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Hisab Rukhyat Awal Bulan Ramadan 1445 H atau 2024 M, di lantai atas Hotel Zuri Express, pada Minggu, (10/03/2024) petang.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin mengatakan, saat ini pemerintah Indonesia menggunakan metode Kriteria Imkanur Rukyat MABIMS baru, yang ditetapkan berdasarkan Surat Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam tanggal 25 Februari 2022, Nomor B-79/DJ.III/HM.00/02/2022.

Ia bilang, berdasarkan Kriteria Imkanur Rukyat MABIMS di Kalsel, saat ini tinggi hilal dibawah 3° dan sudut Elongasi 1°. Maka dipastiakan kondisi hilal tidak terlihat.

"Jadi ini potensinya bisa tidak terlihat. Jadi kita akan tunggu konfrensi pers Kemenag RI tentang awal puasa," ungkapnya kepada awak media, Minggu  malam (10/03/2024).

Adanya potensi tak terlihat ini kata dia, pihaknya mengaku akan menunggu sidang itsbat yang dilaksanakan pemerintah pusat, yang dipimpin langsung Kementrian Agama (Kemenag) RI dan MUI pusat, untuk penetapan 1 Ramadan 1445 H.

"Maka kalau tidak terlihat berarti potensi kita hari Selasa. Tapi tetap menunggu pengumuman di Kemenag RI," tuturnya.

Tambrin pun mengimbau, agar masyarakat Kota Banjarmasin terus menjaga ukhuwah dan toleransi sesama.

"Jadi kita harus saling menghormati. Yang sudah berpuasa hormati yang belum berpuasa, sama juga sebaliknya. Sehingga suasana kondusif," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya